FITNESS & HEALTH

Selai Kacang dan Selai Almond, Mana yang Lebih Sehat?

Raka Lestari
Kamis 29 April 2021 / 18:34
Jakarta: Meskipun sering dianggap mirip, ternyata almond dan kacang tanah memiliki perbedaan. "Almond adalah benih buah berbiji.

Sedangkan kacang tanah diklasifikasikan sebagai kacang-kacangan," kata Harvard Medical School. Keduanya sama-sama sering dijadikan sebagai selai. Namun, diantara keduanya manakah yang lebih sehat?

Menurut My Food Data, selai almond memberikan lebih banyak nutrisi daripada selai kacang. Misalnya, ia memiliki kalsium 9 kali lebih banyak, serat 5 persen lebih banyak, magnesium 7 persen lebih banyak, dan mangan 11 persen lebih banyak per porsi dibandingkan selai kacang dengan jumlah yang sama.

Selai almond juga lebih tinggi folat, vitamin E, dan lemak tak jenuh tunggal. Menurut U.S. Library of Medicine, magnesium salah satu nutrisi paling melimpah dalam selai almond, berkontribusi pada lebih dari 300 reaksi biokimia dalam tubuh manusia.

Menurut National Institutes of Health (NIH) selai almond juga merupakan sumber fosfor yang sangat baik, mineral yang mendukung kesehatan tulang dan metabolisme energi. Tubuh membutuhkan nutrisi ini untuk menjaga keseimbangan pH dan mengaktifkan enzim tertentu.


selai
(Menurut My Food Data, selai almond memberikan lebih banyak nutrisi daripada selai kacang. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)


Selai kacang mengandung sedikit lebih banyak karbohidrat dan lemak jenuh daripada selai almond. Namun, ia juga menawarkan dosis selenium, niasin, kolin, dan omega-3 yang lebih tinggi. 

NIH memaparkan selenium, salah satu nutrisi utamanya, sangat penting untuk sintesis DNA dan produksi hormon tiroid.

Dalam studi NIH juga menerangkan mineral ini juga berperan sebagai antioksidan, melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kolin, nutrisi penting lainnya dalam selai kacang, membantu tubuh menghasilkan neurotransmiter yang mendukung memori, suasana hati, dan fungsi otak lainnya. Ini juga diperlukan untuk metabolisme lemak dan ekspresi gen. 

NIH juga melaporkan bahwa sekitar 90 hingga 95 persen wanita hamil yang kekurangan kolin, dapat menyebabkan kerusakan otot dan hati dalam jangka panjang.

Apakah berarti selai almond lebih sehat? Pada dasarnya, kedua selai kacang ini dikemas dengan protein, lemak baik, dan nutrisi lainnya. Mereka juga memiliki nilai kalori yang sama dan cocok untuk diet sehat. 

Harga selai almond cenderung lebih mahal daripada selai kacang. Dan itu sesuatu yang perlu dipertimbangkan jika kamu akan mengonsumsinya secara teratur. 
(TIN)