FITNESS & HEALTH

4 Kebiasaan Buruk yang Bisa Bikin Kamu Menderita Diabetes

Kumara Anggita
Sabtu 17 April 2021 / 09:13
Jakarta: Tahukah kamu bahwa gaya hidup adalah salah satu faktor penting dalam mencegah atau mengundang penyakit diabetes? Karena itu, kamu perlu tahu kebiasaan-kebiasaan apa saja yang berbahaya dan cek apakah kebiasaanmu juga termasuk di dalamnya.

Mengutip dari Everyday Health, ada beberapa kebiasaan yang umum dilakukan kita yang ternyata meningkatkan risiko diabetes antara lain:
 

1. Menyeruput minuman manis


Meminum kalori adalah alasan utama kelebihan berat badan. Hal ini adalah kesimpulan yang didapat para peneliti Harvard setelah meninjau 30 penelitian tentang konsumsi minuman manis. Hindari sesering mungkin minum teh manis, air lemon dengan gula, soda dan minuman-minuman lain yang mengandung gula.

“Saat kamu haus, minumlah air,”saran Shannon Knapp, RD, CDE, pendidik diabetes bersertifikat di Cleveland Clinic Diabetes Center.

Susu rendah lemak adalah pilihan bagus lainnya. Saat kamu ingin minum jus buah, pastikan jus itu seutuhnya dari buah tanpa gula. Dan minumalah setengah cangkir saja.
 

2. Tidak sarapan


Semua pernah mendengar bahwa sarapan adalah makanan terpenting dan juga bagus dalam pencegahan diabetes. Karena itu, menghentikan sarapan bukanlah ide yang baik.

“Menghentikan sarapan tidak hanya cenderung menjadi bumerang, membuat kamu lapar di pagi hari, tetapi juga dapat menciptakan masalah yang sempurna untuk diabetes tipe 2,” kata Ellen Calogeras, RD, LD, CDE, seorang pendidik diabetes di Cleveland Clinic Diabetes Center.

Membuat diri kelaparan sampai makan siang, memicu reaksi berantai yang mengganggu kadar insulin dan kontrol gula darah. Kamu kemungkinan akan makan lebih banyak nanti, menurut sebuah studi oleh para peneliti dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Minnesota. Jadi, luangkan waktu untuk makan makanan sederhana dan seimbang untuk mengontrol gula darah dan menurunkan berat badan.
 

3. Makan tengah malam


Jika kamu sering mual di malam hari, waspadalah! Pola makan ini menyebabkan lonjakan gula darah dan mengganggu sekresi insulin, menurut penelitian di British Journal of Nutrition yang mengamati tentang efek pola makan pada pekerja malam.

“Dengan makan tiga kali seimbang setiap hari, kamu membantu menahan keinginan untuk memanjakan diri di malam hari dan memberikan kontrol yang lebih baik terhadap gula darah kamu,” kata Barb Klingler, RN, BSN, CDE, pendidik diabetes di Washington University Diabetes Center di Barnes-Jewish Hospital.
 

4. Banyak memakai mentega


Mentega dan lemak jenuh lainnya telah dikaitkan dengan resistensi insulin, faktor risiko diabetes tipe 2. Minyak nabati, yang mengandung lemak tak jenuh tunggal atau tak jenuh ganda, adalah alternatif yang lebih sehat.

"Ketika kamu tidur kurang dari enam jam, kamu mengganggu hormon yang mengontrol glukosa darah dan rasa lapar, dan itu dapat menyebabkan penambahan berat badan," jelas Klingler.

Tak hanya itu, kurang tidur juga dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi. Jadi penting untuk menjadikan tidur sebagai prioritasmu.
 

5. Suka begadang


"Ketika kamu tidur kurang dari enam jam, kamu mengganggu hormon yang mengontrol glukosa darah dan rasa lapar, dan itu dapat menyebabkan penambahan berat badan," jelas Klingler.

Tak hanya itu, kurang tidur juga dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi. Jadi penting untuk menjadikan tidur sebagai prioritas kamu.
(FIR)