FITNESS & HEALTH

Gejala Awal Diabetes yang Sering Dihiraukan

Kumara Anggita
Selasa 13 Oktober 2020 / 13:10
Jakarta: Diabetes adalah penyakit yang tidak mudah dideteksi karena gejala awalnya ringan. Untuk itu, kamu perlu mengeatahui gejala-gejala apa yang biasanya muncul di diabetes 1 maupun diabetes 2.

Lapar dan kelelahan

Dikutip dari WebMd, tubuh kamu mengubah makanan yang kamu makan menjadi glukosa yang digunakan sel  untuk energi. Di sini sel kamu membutuhkan insulin untuk mengambil glukosa.

Jika tubuh kamu tidak menghasilkan cukup atau insulin apa pun, atau jika sel kamu menolak insulin yang dibuat tubuh kamu, glukosa tidak dapat masuk ke dalamnya dan kamu jadinya tidak memiliki energi. Ini bisa membuat kamu lebih lapar dan lebih lelah dari biasanya.

Lebih sering buang air kecil dan mudah haus

Rata-rata orang biasanya harus buang air kecil antara empat dan tujuh kali dalam 24 jam, tetapi penderita diabetes mungkin buang air lebih banyak. Mengapa? 

Biasanya, tubuh kamu menyerap kembali glukosa saat melewati ginjal. Tetapi ketika diabetes mendorong gula darah kamu naik, ginjal kamu mungkin tidak dapat membawa semuanya kembali. Hal ini menyebabkan tubuh mengeluarkan lebih banyak air seni, dan itu membutuhkan cairan. Hasilnya adalah kamu jadi lebih sering buang air kecil.  Hal ini juga pada akhirnya jadi buat kamu haus. 

Mulut kering dan kulit gatal

Karena tubuh kamu menggunakan cairan untuk buang air kecil, kelembapan untuk hal-hal lain berkurang. Kamu bisa mengalami dehidrasi, dan mulut kamu mungkin terasa kering. Kulit kering bisa membuat kamu gatal.

Pengelihatan kabur

Perubahan kadar cairan dalam tubuh bisa membuat lensa mata membengkak. Mereka berubah bentuk dan tidak bisa fokus.
(YDH)