FITNESS & HEALTH

Teh Hijau, Jus Delima, dan Herbal Lainnya yang Menghambat Covid-19

Kumara Anggita
Rabu 02 Desember 2020 / 11:05
Jakarta: Hingga saat ini, kita semua masih berusaha untuk mencari cara untuk menghindari dan menyembuhkan penyakit covid-19. Ada yang minum vitamin, menjadi lebih higienis, sampai makan atau minum buah tertentu.

Dan penelitian baru saja menunjukkan bahwa teh hijau, jus delima dan herbal lainnya juga bisa menjadi cara untuk menghambat covid-19. Apa hubungannya ya?

Dikutip dari The Hindu Business Line, peneliti dari Institute of Molecular Virology, Ulm University Medical Center, Technische Universitaet Dresden, dan CogniVerde GmbH meneliti teh hijau, jus chokeberry, dan jus delima sebagai minuman yang potensi untuk membunuh SARS-CoV-2. Mereka menemukan bahwa, zat yang ada di sana mampu mencegah penyebaran infeksi pada sel secara in vitro.

Dalam prosesnya, para peneliti mencampurkan zat herbal dengan virus termasuk virus vaksinia, virus influenza A, adenovirus tipe 5, dan SARS-CoV-2. Virus-virus ini diinkubasi pada suhu kamar dan mereka menentukan infektivitas.

Tim mengamati bahwa jus chokeberry menurunkan infektivitas virus. Hasil yang serupa juga ditemukan pada jus elderberry, jus delima, dan teh hijau.

Tim juga menguji virus flu babi (IAV) dan SARS-CoV-2 serta interaksinya dengan zat herbal. Mereka menemukan empat esens herbal menonaktifkan lebih dari 99 persen IAV setelah 5 menit.

Para peneliti mencatat, jus chokeberry menonaktifkan sekitar 97 persen SARS-CoV-2 setelah 5 menit. Sementara teh hijau dan jus delima menonaktifkan sekitar 80 persen virus.

Disarankan oleh para peneliti untuk terus berkumur dengan jus dan teh serta menelannya dapat menjadi strategi pencegahan yang efektif untuk SARS-CoV-2. Terutama bagi orang-orang yang berisiko tinggi terkena infeksi petugas kesehatan dan orang tua.

Sementara itu, pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(FIR)