FITNESS & HEALTH

Pertolongan Pertama Saat Alami Sinusitis

Raka Lestari
Rabu 05 Mei 2021 / 13:26
Jakarta: Infeksi sinus terjadi ketika jaringan di sinus membengkak. Hal ini menyebabkan penumpukan lendir, nyeri, dan ketidaknyamanan. 

Sinus adalah kantong berisi udara di tulang wajah yang membentuk bagian atas saluran pernapasan. Kantong ini mengalir dari hidung ke tenggorokan. Dilansir dari Healthline berikut ini adalah beberapa cara mengatasi sinusitis: 
 

1. Minum banyak air putih


Untuk membantu mengeluarkan virus dari dalam tubuh, pastikan tubuhmu mendapatkan cairan dalam jumlah yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi. Pastikan untuk mendapatkan cairan delapan gelas per hari atau minum air putih satu gelas setiap dua jam sekali. 
 

2. Konsumsi makanan yang mengandung sifat antibakteri


Untuk melawan virus, tambahkan makanan yang memngandung antibakteri seperti bawang putih, jahe, dan bawang bombai ke dalam makanan yang kamu konsumsi. 

Kamu juga bisa mencoba minum teh jahe. Tambahkan madu mentah untuk tambahan manfaat lainnya. Madu dikemas dengan antioksidan dan memiliki sifat antibakteri dan antijamur. 
 

3. Membersihkan dengan minyak kayu putih


Minyak kayu putih dapat membantu membuka sinus dan menghilangkan lendir. Satu studi telah menemukan bahwa bahan utama dalam minyak kayu putih, cineole, membantu penderita sinusitis akut pulih lebih cepat. 

Untuk meringankan infeksi sinus atau saluran pernapasan bagian atas, gunakan minyak kayu putih secara eksternal di pelipis atau dada, atau dihirup melalui diffuser saat minyak ditambahkan ke air mendidih.
 

4. Menggunakan neti pot


Mengalirkan air di hidung adalah proses yang sering digunakan untuk meredakan gejala sinusitis. Menurut penelitian terbaru, menggunakan neti pot dengan larutan garam dapat menghilangkan beberapa gejala sinusitis kronis. 

Berhati-hatilah saat membersihkan neti pot setelah digunakan. Gunakanlah air yang bisa diminum atau air yang sudah dilakukan penyulingan. Air langsung dari bak cuci mungkin mengandung kontaminan, seperti bakteri atau parasit, yang dapat memperburuk kondisi sinusitis. 
 

5. Konsumsi obat yang tersedia di pasaran


Jika cara-cara alami masih tidak berhasil, cobalah untuk membeli obat yang dijual bebas di pasaran. Obat-obatan dekongestan, seperti pseudoephedrine dapat meredakan gejala sinusitis dengan mempersempit pembuluh darah.

Ini membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan. Ini dapat meningkatkan aliran drainase dari sinus.
(TIN)