FITNESS & HEALTH

Kenapa Kamu Suka Berpura-pura Kuat? Ini Penjelasan Psikolog

Kumara Anggita
Minggu 13 Juni 2021 / 15:20
Jakarta: Menjadi kuat adalah hal yang menguntungkan. Kamu bisa menghadapi segala cobaan untuk mencapai tujuanmu atau kehidupan yang kamu mau.

Namun, sayangnya banyak orang yang hanya berpura-pura saja. Tindakan ini bisa muncul karena beberapa alasan yang mungkin tidak kita sangka-sangka.

Yulius Steven, M.Psi., Psikolog, dari Sahabat Kariib menjelaskan ada tiga faktor yang umumnya menjadi alasan orang berpura-pura kuat antara lain:
 

1. Tidak PD


Tidak percaya diri adalah alasan yang biasanya muncul ketika orang berpura-pura kuat. Berpura-pura membuat ia jadi bisa menutupinya.

“Tidak percaya diri untuk menunjukkan sisi kelemahan kamu, takut di-judge, takut dijauhi, takut tidak dapat penerimaan dan masih banyak lagi,” jelasnya dalam Instagram @Yulsteve.


kuat
(Selain tidak PD, hal lain yang sering membuat kamu jadi pura-pura kuat adalah penilaian orang lain. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

2. Terjebak dalam konsep “seharusnya”


“Menjadi kuat adalah hal yang diharapkan oleh masyarakat apalagi di Indonesia dimana kebanyakan orang hidupnya dari kata-kata orang lain,” ungkapnya.

“Kuat menjadi sifat yang lebih diinginkan dan positif dibandingkan dengan lemah. Jadi tidak ada pilihan selain menjadi lebih kuat. Tapi siapa yang bilang demikian,” lanjutnya.
 

3. Biar dicintai


Menurut Psikolog Yulius, dari kecil kebanyakan dari kita ketika menanangis dibilang sebagai anak lemah. Akan tetapi, ketika luka dan tidak menangis anak jadi dapat pujian “hebat”. Pujian itu jadi semacam hadiah. 

“Dengan hadiah itu kita akan merasa dicintai dan diterima oleh orang lain,” jelasnya. Jadi ketika kamu merasa tidak kuat, ingin menangis, atau semacamnya, lakukanlah. Berpura-pura akan membuat kamu semakin berat dan ini tidak membuat kamu jadi kuat.

(TIN)