FITNESS & HEALTH

5 Bahan Alami untuk Mengatasi Mata Bengkak

Raka Lestari
Jumat 26 November 2021 / 18:09
Jakarta: Mata yang bengkak disebabkan oleh penumpukan cairan yang bisa dipicu oleh pola makan yang buruk dan kurang tidur. Memiliki mata yang bengkak bisa mengganggu penampilan, terutama saat harus berhadapan dengan banyak orang.

Memeriksakan ke dokter bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengatasinya, namun jika kamu lebih suka menggunakan cara alami untuk mengurangi mata yang bengkak, hal itu bisa didapatkan dari bahan-bahan alami yang ada di rumah.

Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi mata bengkak:
 

1. Obat tetes mata


Terkadang, mata bengkak bisa terjadi karena hasil dari reaksi alergi. Jika kamu berpikir itu mungkin terjadi karena alergi, gunakan obat tetes mata dan antihistamin yang dijual bebas.

"Antihistamin mengandung sifat anti-inflamasi yang kuat, yang dirancang untuk menangkal histamin yang dilepaskan selama reaksi alergi,” kata Dr Don Grant, MB, ChB, DRCOG, MRCGP.
 

2. Sendok dingin


“Simpan 2 buah sendok di freezer saat siang hari dan letakkan sendok dingin tersebut di atas mata saat malam hari. Sendok yang sudah dingin tersebut akan mendinginkan area mata yang bengkak dan mengurangi pembengkakan pada mata tersebut,” kata Dr Kan Cao, ilmuwan dalam bidang penuaan.
 

3. Putih telur


Kan Cao mengatakan, kamu bisa mengurangi mata bengkak dengan mengocok putih telur sampai agak kaku. Kemudian dengan hati-hati mengoleskan larutan di bawah mata dengan sikat lembut.

Biarkan selama 5 - 10 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat. Pastikan untuk menghindari putih telur di bola mata karena itu dapat menyebabkan iritasi.
 

4. Timun


Timun bukan hanya sayuran yang bisa digunakan untuk memasak saja tetapi juga dapat mengurangi mata bengkak. "Mereka memiliki asam askorbat dan caffeic alami yang mengurangi retensi air," kata ahli bedah plastik okular di Florida Selatan, Francesann Ford, MD. "Timun memiliki astringen alami, yang merupakan antioksidan alami, dan flavonoid yang dapat meredakan peradangan."
 

5. Lidah buaya


Lidah buaya tidak hanya baik digunakan saat mengalami kulit yang terbakar. Lidah buaya juga merupakan antioksidan yang hebat dengan vitamin E yang sangat melembapkan, dan memiliki sifat antijamur, antibakteri, dan penyembuhan alami untuk kulit.

"Dinginkan lidah buaya di lemari es sebelum menggunakannya untuk menambahkan efek pendinginan," kata Dr. Ford.
(FIR)