FITNESS & HEALTH

Mengupas 7 Mitos atau Fakta seputar Diabetes

Kumara Anggita
Selasa 18 Mei 2021 / 18:09
Jakarta: Diabetes merupakan salah satu penyakit yang memiliki banyak mitos terkait informasinya. Untuk itu, kamu perlu hati-hati dengan informasi yang beredar agar penanganannya tidak salah.

Dr. Suharko Soebardi, SpPD - KEMD, Internist JEC Eye Hospitals and Clinics membagikan beberapa mitos dan fakta yang umum dibicarakan orang Indonesia. Berikut di antaranya:
 

1. Diabetes ada kering dan basah


Menurut Dr. Suharko, diabetes kering dan basah adalah sebuah mitos. Diabetes umumnya dibagi jadi empat jenis, antara lain diabetes tipe 1, 2 , 3 dan gestasional.

“Diabetes tidak ada jenis kering dan basah,” tegasnya dalam Virtual JEC Eye Talks beberapa waktu lalu.
 

2. Diabetes karena kebanyakan makan yang manis-manis


Mengonsumsi makanan yang manis-manis juga menurut Dr. Suharko adalah mitos. Munculnya diabetes tidak sesederhana itu. Banyak faktor yang berperan.
 

3. Orang yang terkena diabetes harus minum obat seumur hidup


“Ini adalah fakta. Bila sudah didiagnosis diabetes kamu perlu untuk konsumsi pil yang diberikan oleh dokter atau menggunakan insulin," ujar Dr. Suharko.
 

4. Minum obat diabetes seumur hidup itu berbahaya untuk ginjal


“Ini adalah mitos. Jadi, justru obat itu untuk mengatur gula supaya bagus kemudian bila gula bagus akan terhindar dari komplikasi termasuk komplikasi pada ginjal,” jelasnya.
 

5. Mengganti nasi dengan kentang atau jagung


Menurut Dr. Suharko, hal ini juga merupakan mitos. Jadi makan apa saja boleh yang penting jumlahnya harus cukup saja.
 

6. Terapi insulin berarti sakit diabetesnya sudah berat


Ini adalah mitos. Jadi yang dapat insulin anatara lain alasan tertentu seperti ibu hamil yang semula mendapat tablet jadi insulin.

"Tapi nanti kalau sudah melahirkan bisa pakai tablet lagi. Jadi tidak berarti bahwa memakai insulin) menandakan diabetes seseorang berat,” lanjutnya.
 

7. Diabetes tidak dapat disembuhkan


Ini adalah fakta. Dr. Suharko mengatakan bahwa sampai sekarang diabetes memang tidak bisa disembuhkan.
(FIR)