FITNESS & HEALTH

Sering Dianggap Sama, Inilah Perbedaan Sakit Kepala dan Migrain

Raka Lestari
Selasa 08 Juni 2021 / 18:30
Jakarta: Sakit kepala adalah masalah umum, tetapi bagi kebanyakan orang, sakit kepala belum terlalu mengganggu aktivitas sehari-hari. Sedangkan migrain adalah kondisi yang lebih parah yang menyebabkan sakit kepala hebat dan banyak gejala lain seperti kelemahan, kebingungan, dan mual parah.
 

Apa itu sakit kepala?


Hampir semua orang pernah mengalami sakit kepala dan pada umumnya sakit kepala masih dalam merupakan nyeri yang masih dalam tingkat moderat. Biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu satu atau dua jam.

Tapi sakit kepala tidak semuanya sama. Sakit kepala mencakup banyak subtipe yang berbeda dan muncul dengan cara yang berbeda,” kata Noah Rosen, MD, direktur Northwell Headache Center.

"Sakit kepala bisa disebabkan karena beberapa masalah medis lain seperti tumor otak atau cedera pada kepala," sambungnya.
 

Apa itu migrain?


Migrain adalah jenis sakit kepala yang seringkali lebih parah. Migreain merupakan penyakit saraf kronis yang memengaruhi sistem saraf dan bahan kimia pada otak.

Para ahli tidak sepenuhnya memahami apa yang menyebabkan migrain, tetapi mungkin disebabkan oleh aktivitas otak yang tidak normal yang memicu pelepasan hormon, seperti estrogen dan serotonin dalam tubuh seseorang.

Karena perubahan estrogen terkait dengan migrain, wanita tiga kali lebih mungkin terkena migrain daripada pria. Kamu juga lebih mungkin terkena migrain jika kamu memiliki anggota keluarga yang mengidapnya.
 

Kesimpulan


Sakit kepala dan migrain memiliki beberapa kesamaan, tetapi penyebab dan gejalanya berbeda. Sakit kepala cenderung tidak terlalu parah dan dapat dicegah dengan menghindari pemicu umum. Migrain adalah kondisi kronis, pada umumnya karena faktor genetik yang mungkin memerlukan perawatan medis yang lebih intensif.

Jika sakit kepala yang kamu alami sudah sampai mengganggu aktivitas normal sehari-hari, maka sebaiknya harus segera menemui dokter untuk pemeriksaan. Pastikan kamu memahami kondisi diri sendiri dan mengetahui apa yang bisa kamu lakukan untuk membuatnya lebih baik.
(FIR)