FITNESS & HEALTH

Kenali Kebutuhan dan Sumber Vitamin D Bagi Tubuh

MetroTV
Rabu 20 Oktober 2021 / 20:35
Jakarta: Vitamin D memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh agar tubuh bisa melawan berbagai jenis penyakit.

“Adanya vitamin D reseptor, membuat vitamin D berpengaruh pada semua sistem sel di dalam tubuh kita,” ujar Ketua Vitamin D Society Indonesia Henry Suhendra dalam tayangan Newsline di Metro TV, Rabu, 20 Oktober 2021.

Henry menyebutkan awalnya vitamin D hanya berfungsi untuk penyakit tulang. Namun, beberapa penelitian menunjukkan vitamin D memiliki banyak fungsi.

Terdapat tiga sumber vitamin D yaitu sinar matahari, sejumlah makanan jenis tertentu, dan suplemen. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D adalah kuning telur, tuna, jamur, susu, brokoli dan pisang.

Henry menjelaskan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan berjemur di bawah sinar matahari saja tidak cukup untuk mengoptimalkan kebutuhan vitamin D. Pasalnya, makanan hanya menyumbang 15-20 persen kebutuhan vitamin D seseorang.

Baca: 4 Efek Samping Konsumsi Vitamin D Secara Berlebihan

Ia menambahkan, sebanyak 6 dari 7 orang atau 86 persen orang Indonesia memiliki variasi gen yang mana membuat kebutuhan vitamin D tidak akan tercukupi hanya dari makanan dan berjemur saja. Selain itu, ternyata kebutuhan vitamin D seseorang pun berbeda-beda.

“Vitamin D tidak bisa satu dosis berlaku untuk semua orang karena tergantung kadar vitamin D dalam darah,” jelas Henry.

Henry menyarankan agar masyarakat melakukan periksa darah terlebih dahulu untuk melihat kekurangan kadar vitamin D dalam tubuh. Setelah itu, barulah rekomendasi pengoptimalan vitamin D dapat dilakukan, tergantung berapa banyak kekurangannya.

“Itu sebabnya kita minta Anda periksa, jangan main kira-kira, enggak. Semua terukur dan ada yang mau dicapai,” tutur Henry. (Widya Finola Ifani Putri)
(SYN)