FITNESS & HEALTH

Ini Lho, 5 Ciri Cowok Matre

Yatin Suleha
Jumat 21 Januari 2022 / 00:59
Jakarta: Saat ini sedang ramai kasus Gaga Muhammad. Salah satu yang mencuri perhatian adalah chat Gaga yang pernah merengek pada Laura Anna untuk dibelikan Diamond Game.

Ada yang beranggapan bahwa tindakan ini termasuk pada perilaku materialisme atau dalam bahasa gaul sering disebut "matre". 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dari materialisme adalah pandangan hidup yang mencari dasar segala sesuatu yang termasuk kehidupan manusia di dalam alam kebendaan semata-mata dengan mengesampingkan segala sesuatu yang mengatasi alam indra.

Dalam Balai Bahasa Jateng - Kemdikbud yang ditulis oleh Drajat Agus Murdowo, M.A yang berjudul "(Mengenal) Materialisme Historis Karl Marx" awalnya istilah ini tercetus dari Karl Heinrich Marx atau biasa dikenal dengan Karl Marx. 

Karl Marx sendiri adalah seorang filsuf, ekonom, sejarawan, pembuat teori politik, sosiolog, jurnalis dan sosialis revolusioner asal Jerman. 

Marx beranggapan bahwa perkembangan intelektual manusia ditentukan oleh kondisi material kehidupan manusia. "Artinya, kebutuhan material mendahului kesadaran. Teori ini sering disebut materialisme historis," tulis Drajat.

Senada dengan hal tersebut, dalam tulisan via laman Mercubuana-Yogya menyoal materialisme yang disebutkan oleh ahli Richins dan Dawson (1992)-memaparkan soal tiga aspek nilai materialisme pada keyakinan individu yang materialistis. Tiga hal yang dimaksud oleh Richins dan Dawson adalah:
 

1. Acquisition centrality 


Keyakinan bahwa kepemilikan barang dan uang adalah tujuan hidup yang paling penting. 
 

2. Acquisition as the pursuit of happines


Keyakinan bahwa barang dan uang adalah jalan utama untuk mencapai kebahagiaan personal, kehidupan yang lebih baik, dan identitas diri yang lebih positif.
 

3. Possession-defined success


Keyakinan bahwa kepemilikan barang dan uang merupakan alat ukur untuk mengevaluasi prestasi diri sendiri juga orang lain.


ciri cowok matre
(Kamu harus lebih teliti lagi ya, agar enggak jatuh ke pelukan seseorang yang matre dan hanya dimanfaatkan saja. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Jadi, kapan sih istilah matre dalam pergaulan ada?


Entah sejak kapan julukan "matre" yang disematkan pada seseorang ini menjadi bahasa gaul. Namun, saat seseorang selalu meminta pada pasangannya dan tindakan ini digunakan untuk memanfaatkan pasangannya, menurut Psikolog anak, remaja, dan keluarga Efnie Indrianie, M.Psi dari Fakultas Psikologi, Universitas Kristen Maranatha, Bandung, ini merupakan salah satu ciri dari seseorang bisa dibilang matre.

Kasus ini juga terjadi pada Aya (32). Seorang karyawati yang selalu membayarkan kencan pasangannya. Entah itu membayarkan makan, nonton, jajan, sampai membayarkan ongkos ojek online. 

"Banyak teman aku bilang, kalau cowok aku dulu matre. Tapi karena saat itu sedang buta karena cinta, ya, aku enggak terlalu merasa rugi lah membayarkan kencan-kencan kita berdua. Tapi, setelah aku sadar sampai terakhir aku membelikannya smartphone yang cukup mahal, aku sepertinya baru sadar bahwa aku dimanfaatkan," ucap perempuan cantik ini.

"Setelah enam bulan pacaran aku putusin. Dia sih enggak mau aku putusin. Tapi, setelah berpikir dan teman-teman aku juga concern ke aku, aku putuskan aku enggak mau lagi dimanfaatin. Yah, cukup lah!" tegas Aya.
 

Mengenali ciri cowok matre


Dalam pandangan psikolog yang juga menulis buku "Survive Menghadapi Quarter Life Crisis" ini ia mengatakan bahwa, “Cowok matre” itu merupakan bahasa gaul yang biasa dipergunakan dalam pergaulan sehari-hari. 

Namun, agar tidak mudah memberikan label pada seseorang dengan sebutan seperti ini ada baiknya kita memahami makna dari istilah ini. 

"'Cowok matre' itu pada dasarnya merupakan istilah yang dipergunakan untuk menyebutkan seorang laki-laki yang memanfaatkan pasangannya khususnya dari segi finansial dan fasilitas," terang Psikolog Efnie. 

Lalu, bagaimana ciri dari seseorang itu matre? Ciri-cirinya menurut Psikolog Efnie antara lain:

1. Memiliki kemampuan manipulatif, sehingga pasangannya tidak merasa bahwa dirinya sedang diperdaya
2. Menyenangi wanita yang memiliki kelebihan finansial dibandingkan dirinya
3. Pintar mengambil hati seorang wanita diawal-awal terjalinnya hubungan sehingga wanita tersebut memiliki keterikatan emosional yang besar dengan dirinya
4. Tampil seolah-olah seperti “bad boy” sehingga membuat pasangannya terus merasa penasaran dan tidak mudah bosan pada dirinya
5. Kurang memiliki rasa bersalah meskipun sudah memanfaatkan pasangannya

Nah, jadi kamu sekarang sudah tahu ya bagaimana ciri-ciri dari cowok matre. Dan, jangan sampai ya kamu terjebak karena cinta buta!

(TIN)