FITNESS & HEALTH

5 Rekomendasi Makanan Berprotein Tinggi untuk Menurunkan Berat Badan

Kumara Anggita
Rabu 27 Januari 2021 / 11:05
Jakarta: Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Makanan berprotein tinggi adalah pilihan yang baik untuk tujuan ini.

Dikutip dari Insider, ahli diet Jenn Fillenworth menjelaskan bahwa makan makanan berprotein tinggi sangat bagus untuk pemulihan daripada berolahraga. Selain itu juga membantu membuatmu kenyang lebih lama, karena protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat.

Berikut rekomendasi makanan yang disarankan untuk kamu mencobanya:
 

1. Memulai hari dengan telur


"Telur adalah makanan yang bagus untuk menurunkan berat badan," kata Fillenworth.

Telur penuh dengan vitamin dan mineral, dan satu telur mengandung sekitar 6 gram protein berkualitas tinggi dengan semua asam amino esensial yang baik untuk tubuh.
 

2. Pilih daging rendah kalori, seperti dada ayam


"Saat mencari makanan berprotein tinggi terbaik untuk menurunkan berat badan, pikirkan bahan-bahan rendah kalori dan berkualitas tinggi," kata ahli diet Sabrina Russo.

Sabrina melanjutkan, hal pertama yang muncul dalam pikirannya adalah daging tanpa lemak, unggas, dan ikan. Rentetan itu adalah sumber protein lengkap dengan sedikit karbohidrat dan lemak.
 

3. Konsumsi produk susu rendah lemak


"Produk susu rendah lemak juga merupakan contoh makanan berprotein tinggi yang mungkin bermanfaat untuk menurunkan berat badan," kata Russo.

Kamu disarankan untuk memilih susu, yogurt, atau keju tanpa rasa, rendah lemak, atau bebas lemak.
 

4. Tambahkan udang untuk di menu makananmu


"Udang adalah protein pengisi kalori yang sangat rendah," kata ahli diet Summer Yule.

Makanan yang satu ini juga merupakan sumber yodium yang sangat baik. Ini dibutuhkan untuk mendukung kesehatan tiroid dan mengatur metabolisme kita.
 

5. Tambahkan pula kacang-kacangan


"Kacang adalah tambahan portabel dan bergizi yang bagus untuk setiap rencana gaya hidup sehat," kata Gulbin.

Almond, pistachio, dan kacang rata-rata mengandung sekitar 6 gram protein per 1 ons sajian dengan sekitar 3 gram serat yang ramah untuk ususmu.
(FIR)