FITNESS & HEALTH

Inspirasi Sarapan Penuh Gizi dan Serat yang Bisa Kamu Buat di Rumah

Raka Lestari
Sabtu 20 Februari 2021 / 06:07
Jakarta: Kamu tentu sudah mengetahui bahwa sarapan adalah waktu makan yang sangat penting untuk memulai hari. Ketika kamu sarapan, tubuhmu akan memilki energi yang lebih untuk bisa melewati hari-hari. Selain menyehatkan, kamu juga memiliki banyak variasi yang bisa dikreasikan untuk menjadi menu sarapan.

Christy C. Tangney, Ph.D., ahli diet klinis di Rush University Medical Center mengatakan bahwa, seseorang yang melewatkan sarapan akan memiliki lebih sedikit energi. Dan berikut ini adalah beberapa aternatif makanan yang bisa kamu jadikan menu sarapan:
 

1. Sereal dari gandum utuh


Menurut sebuah artikel yang dipublikasikan pada Journal of Gastronony and Food Science, seseorang harus mendapatkan asupan harian sebanyak 15-25 persen dari sarapan. Salah satu yang bisa dipilih adalah sereal gandum utuh yang memiliki kandungan serat tinggi dan rendah gula.

"Kandungan serat yang tinggi pada sereal gandum utuh dapat bermanfaat untuk menjaga gula darah dan mencegah kekurangan energi," menurut Harvard Health.
 

2. Protein


Sumber makanan lainnya untuk mendapatkan asupan makanan yang baik di pagi hari adalah dengan memilih makanan yang mengandung protein tinggi. Makanan yang memiliki kandungan protein tinggi di antaranya adalah telur, daging yang tidak diproses, dan juga sayuran berdaun hijau.
 

3. Yogurt


Jika kamu tidak terlalu suka membuat smoothie saat sarapan, pilihlah yogurt sebagai penggantinya. Yogurt merupakan pilihan yang tepat sebagai salah satu produk berbahan dasar susu.

Menurut Healthline, yogurt memenuhi sekitar 50 persen kebutuhan harianmu akan kalsium. Yogurt bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, terutama kalsium, vitamin B dan beberapa mineral
 

4. Salmon


Salah satu makanan yang bisa meningkatkan energi tubuh dengan cepat adalah salmon. Salmon kaya akan nutrisi dan juga berkontribusi dalam banyak manfaat kesehatan, seperti tingkat energi, karena kandungan vitamin B yang dapat meningkatkan energi dan mengusir rasa lelah secara alami

"Sebagai tambahan, salmon juga salah satu sumber vitamin D yang dapat membuatmu lebih berenergi," ujar Rima Kleiner, M.S., ahli diet dan nutrisi.
 

5. Alpukat


Salah satu makanan yang paling mudah ditemui dan dikreasikan adalah alpukat. Kamu bisa mencampurkannya ke dalam salad atau membuat avocado toast.

"Alpukat kaya akan serat dan lemak sehat, keduanya lambat dicerna dibandingkan karbohidrat sederhana, sehingga membuatmu merasa kenyang lebih lama," ujar Chelsey Amer, M.S., ahli diet dan nutrisi.
(FIR)