FITNESS & HEALTH

8 Manfaat Kardio untuk Kesehatan

Kumara Anggita
Senin 22 Februari 2021 / 11:00
Jakarta: Kardio adalah hal yang perlu kamu lakukan lebih sering khususnya di masa pandemi ini ketika kamu lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Ini akan membuat tubuh dan mentalmu jadi lebih sehat.

Dikutip dari Bustle, pelatih Rumble Boxing Kyle Axman menjelaskan bahwa kardio itu tidak hanya berlari. Kamu bisa melakukan aktivitas lain yang intinya membuat jantung kamu berdebar-debar seperti tinju, menari, lompat tali dan masih banyak lagi. 

Mungkin kamu malas melakukannya secara rutin, namun coba kenalilah manfaatnya yang menguntungkan seperti:
 

1. Meningkatkan daya tahan


Dalam hal membuat jantung kamu berdebar-debar, latihan membuat menjadi sempurna. “Latihan kardio secara teratur memberikan tekanan yang sehat pada jantung kamu. Ini melatihnya untuk memompa secara efisien, mengirimkan lebih banyak oksigen ke tubuh kamu, dan meningkatkan daya tahan,” kata pelatih Fhitting Room Ben Lauder-Dykes.
 

2. Memperkuat otot


“Kardio bukan hanya tentang kesehatan jantung. Cobalah latihan HIIT dengan repetisi tinggi, latihan beban tubuh cepat untuk membangun kekuatan saat kamu meningkatkan detak jantung,” ujar fit trainer Jimmy Nicholas. Hati dan ototmu akan berterima kasih bila kamu melakukannya.
 

3. Membangun kekuatan mental


Otot kamu bukan satu-satunya hal yang menjadi kuat dalam latihan kardio. Menurut Nicholas, mental kamu juga jadi lebih kuat. Ini mengajarkan kamu untuk mengatasi hambatan mental dan menemukan ketahanan untuk melakukan latihan.
 

4. Meningkatkan sirkulasi


“Kardio membuat jantung kamu terpompa secara harfiah. Aliran darah ekstra itu dapat membantu menurunkan tekanan darah kamu, mengatur gula darah, dan memberi kamu lebih banyak energi,” ungkap Lauder-Dykes, Pelatih Pribadi dan Pembina Gizi.
 

5. Membantu kamu berpikir secara lebih jelas


Menurut Axman, kardio baik untuk pikiran kamu maupun untuk tubuh kamu. Aliran darah ekstra dari latihan kamu memasok lebih banyak oksigen ke otak yang pada akhirnya membantu kamu berpikir lebih jernih, meningkatkan memori dan fokus, dan melindungi diri dari demensia.
 

6. Meningkatkan mood


Studi menunjukkan bahwa latihan kardio melepaskan bahan kimia yang membuat perasaan senang yang dapat meningkatkan suasana hati kamu, menghilangkan stres, meredakan gejala kecemasan dan depresi, dan membantu kamu merasa nyaman dengan diri sendiri.
 

7. Meningkatkan kehidupan seks 


Studi menunjukkan olahraga seperti kardio dapat meningkatkan hasrat dan fungsi seksual. “Sirkulasi yang lebih baik, melepaskan stres, dan merasakan diri sendiri adalah resep untuk kehidupan seks yang baik,” kata Axman. 
 

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Siapa yang tidak ingin sistem kekebalan mereka dalam kondisi prima sekarang? Untungnya, kardio dapat meningkatkan fungsi kekebalan menurut Lauder-Dykes. Studi menunjukkan bahwa latihan aerobik secara teratur meningkatkan antibodi tertentu yang dapat membantu tubuh kamu melawan penyakit. 
(TIN)