FITNESS & HEALTH

Mana Lebih Baik, Turunkan Berat Badan atau Kadar Lemak?

Sandra Odilifia
Selasa 23 Februari 2021 / 08:38
Jakarta: Penurunan berat badan dan lemak adalah dua istilah yang sering digunakan orang secara bergantian. Namun, rupanya kedua istilah ini cukup berbeda satu sama lain lho!

Penurunan berat badan disebut sebagai penurunan berat keseluruhan seseorang termasuk lemak, otot dan berat air. Sedangkan, penurunan lemak pada dasarnya hanya menghilangkan lemak dari tubuh.

Hasil dari keduanya pun berbeda. Jika dibandingkan penurunan kadar lemak dianggap jauh lebih baik daripada penurunan berat badan. Melansir Times of India, berikut alasan mengapa penurunan lemak lebih unggul dan bagaimana cara membedakan keduanya:



1. Perbedaan timbangan

Saat ini, menghitung berat badan sudah sangat mudah, kamu hanya perlu menginjak skala berat badan (timbangan) dan melihat hasilnya.

Skala berat badan normal biasanya hanya dapat menunjukkan berat badan dan tidak dapat membedakan apakah kamu menurunkan berat badan secara keseluruhan atau hanya lemaknya saja.

Untuk mengukur persentase kehilangan lemak tubuh total, kamu dapat menggunakan timbangan lemak tubuh. Memang cukup sulit untuk mengetahui secara akurat jumlah lemak yang hilang, tetapi menggunakan timbangan lemak tubuh dapat memberikan gambaran secara kasar.

 

2. Mengapa kehilangan lemak lebih baik daripada penurunan berat badan?

Sebagian besar metode diet mengarah pada hasil yang cepat karena disebabkan oleh penurunan berat badan secara keseluruhan. Yang artinya saat mengikuti diet, sejumlah besar penurunan berat badan juga termasuk air dan otot.

Padahal, lemaklah yang bertanggung jawab atas semua masalah kesehatan utama dan kehilangan massa otot sebenarnya bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Mempertahankan persentase kesehatan otot dalam tubuh dapat membuat penampilan kamu lebih kencang dan menurunkan risiko beberapa penyakit kronis. Mereka dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh, mengurangi risiko peradangan dan diabetes, bahkan mempercepat metabolisme.

Tentunya kehilangan massa otot juga akan menurunkan kemampuan tubuh kamu untuk membakar kalori.


(Untuk mengukur persentase kehilangan lemak tubuh total, kamu dapat menggunakan timbangan lemak tubuh. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Bagaimana cara menurunkan lebih banyak lemak dari tubuh

Lemak buruk bagi kesehatan dan ketika kamu menurunkan berat badan secara efektif, semua lemak dalam tubuh akan digantikan oleh massa otot. Ini dapat meningkatkan kesehatan dan penampilan kamu secara keseluruhan.

Jadi, fokus kamu harus selalu pada penurunan lemak, bukan hanya penurunan berat badan. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk memastikan lebih banyak kehilangan lemak adalah dengan makan lebih banyak protein.

Protein adalah bahan penyusun kehidupan. Setiap sel dalam tubuh kita terbuat dari protein. Jadi, ketika kamu mengurangi karbohidrat dan lemak dari makanan, kamu harus makan lebih banyak protein untuk menjaga massa otot dan mendukung pertumbuhan otot baru.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan latihan kekuatan. Latihan kekuatan dapat membantu menghilangkan lebih banyak lemak dan mendorong pertumbuhan massa otot serta membuat fisik lebih ramping.

Kemudian, jangan mengurangi terlalu banyak kalori. Kebanyakan orang saat mencoba menurunkan berat badan dengan cepat malah mengikuti diet ketat atau mengurangi terlalu banyak kalori dari makanan mereka.

Faktanya perubahan drastis ini tidak selalu cocok dengan tubuh dan bisa mengakibatkan terlalu banyak penurunan berat badan, yang sebagian besar disebabkan oleh hilangnya massa otot. Jadi, ikuti diet terencana dan konsultasikan dulu dengan ahlinya untuk metode menghilangkan lemak ya Teman Gaya!
(yyy)