FITNESS & HEALTH

Mencium Aroma Kayu Putih Mengobati Anosmia, Termasuk akibat Covid-19

Raka Lestari
Jumat 05 Maret 2021 / 19:05
Jakarta: Sebuah studi baru terkait efektivitas pelatihan penciuman atau smell training terhadap indra penciuman yang hilang yang dialami pasien covid-19. Ternyata pelatihan ini dapat membantu beberapa orang mendapatkan kembali indra penciuman mereka yang hilang, atau menjadi terdistorsi setelah suatu penyakit, termasuk covid-19.

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam jurnal The Laryngoscope, para peneliti menganalisis data pada 153 pasien dengan post-infectious olfactory dysfunction (PIOD), yaitu hilangnya penciuman setelah sakit yang melakukan perawatan di klinik THT di Jerman pada rentang tahun 2008 - 2018.

Para pasien menerima serangkaian bahan pelatihan penciuman dengan aroma yang berbeda, termasuk kayu putih, lemon, mawar, kayu manis, cokelat, kopi, lavender, madu, stroberi, dan thyme. Mereka diuji pada awal percobaan untuk melihat seberapa baik mereka dapat mencium bau yang berbeda dan kemudian diuji lagi setelah enam bulan pelatihan penciuman.

Para peneliti menemukan 'perbaikan yang relevan secara klinis' dalam fungsi penciuman secara keseluruhan pada orang-orang yang memiliki indra penciuman yang lebih rendah pada awal percobaan. Orang dengan parosmia (distorsi indra penciuman atau hilangnya intensitas aroma) dan orang lanjut usia juga cenderung menunjukkan peningkatan dari waktu ke waktu.

Penulis penelitian menyimpulkan bahwa pelatihan penciuman dapat mengarah pada 'pemulihan yang relevan secara klinis', dalam kemampuan seseorang untuk membedakan antara aroma dan mengidentifikasi aroma yang berbeda.

Latihan penciuman adalah praktik yang berulang kali memaparkan pasien pada berbagai wewangian. Cara ini dilakukan dalam upaya membantu meningkatkan kemampuan mereka untuk mendeteksi penciuman.

“Masih belum sepenuhnya diketahui bagaimana pelatihan penciuman bekerja, tetapi ini bergantung pada kemampuan unik saraf penciuman untuk beregenerasi,” ujar Benjamin S. Bleier, MD, FACS, spesialis kepala dan leher di Mass Eye and Ear Sinus Center, kepada Verywell Health.

Pada latihan penciuman, seseorang biasanya diminta untuk mencium aroma tertentu dan mencoba memikirkan seperti apa aroma yang seharusnya tercium saat mereka melakukannya. Namun, ada beberapa variasi dalam latihan penciuman, termasuk seberapa sering dilakukan dan aroma apa yang digunakan.
(FIR)