FITNESS & HEALTH

Penyebab Karies dan Gigi Berlubang pada Anak

Raka Lestari
Sabtu 24 Oktober 2020 / 06:05
Jakarta: Karies gigi atau gigi berlubang merupakan salah satu gangguan pada mulut yang sering dialami anak-anak. Kebiasaan mengonsumsi makanan manis seperti permen jika tidak dibersihkan dengan baik dapat menyebabkan terbentuknya karies pada gigi, yang lama kelamaan bisa menyebabkan gigi berlubang.

“Penyebab karies pada gigi adalah makanan yang melekat pada gigi, dan ketika itu tidak dibersihkan maka bakteri akan tumbuh. Hal itu membuat suasana mulut menjadi asam. Dan seiring berjalannya waktu, jika dibiarkan terus menerus akan terjadi karies,” jelas drg. Avianti Hartadi, Sp.KGA, dokter gigi spesialis kedokteran gigi anak di RS Pondok Indah-Pondok Indah, dalam acara Live Webinar RS Pondok Indah pada Jumat, 23 Oktober 2020.

Ia menjelaskan bahwa proses karies pada gigi pada awalnya terjadi pada lapisan email gigi. “Kalau tidak dirawat, karies itu akan terus berlanjut sampai ke dentin gigi. Kalau sudah mengenai dentin gigi, biasanya anak akan merasa nyeri pada gigi ketika mengonsumsi makanan yang manis, asam, dingin, atau panas,” ujar drg. Avianti.

“Ngilu pada dentin gigi lama kelamaan bisa mengenai pulpa atau saraf gigi. Kalau sudah terkena pulpa gigi, anak biasanya akan merasa nyeri spontan. Meskipun sedang tidak makan. Misalnya pada malam hari, ketika sedang tidur mereka bisa nangis merasakan sakit pada gigi dan bisa sampai tidak bisa tidur lagi,” jelas drg. Avianti.

Menurutnya, jika hal tersebut tidak dirawat maka bakteri yang ada di dalam gigi akan terus merusak gigi dan masuk sampai ke saluran akar. “Kalau ini terjadi, bisa menyebabkan abses pada gigi. Abses itu berisi cairan nanah. Dan biasanya abses bisa berbentuk seperti bisul atau bengkak di area wajah,” tutupnya.
(YDH)