FITNESS & HEALTH

5 Fakta Unik tentang Tertawa

Kumara Anggita
Minggu 18 Oktober 2020 / 14:00
Jakarta: Tertawa selain bisa membuat suasana menjadi lebih rileks dan hangat, tertawa dipercaya menjadi 'obat mujarab' awet muda.

Dua peneliti, Dr Lee Berk dan Dr Stanley Tan dari The Loma Linda University, California menyebutkan bahwa saat tertawa, hormon endorfin akan dilepaskan sehingga kamu akan merasa lebih baik. 

Dilansir dari Wikipedia, endorfin adalah senyawa kimia neuropeptida opioid lokal dan hormon peptida yang membuat seseorang merasa senang dan berfungsi juga untuk kekebalan tubuh.

Endorfin diproduksi oleh sistem saraf pusat dan kelenjar pituitari pada saat manusia merasa bahagia dan mendapat istirahat yang cukup. 

Dr Berk dan Dr Tan menyebutkan bahwa tertawa membuat kita bisa melepaskan endorfin yang membantu meringankan rasa sakit kronis, dan membuat kita merasa lebih baik. 


tertawa 3
(Tertawa itu baik untuk kesehatan mental dan tubuh kamu lho. Sempatkan untuk melihat video lucu di gadget kamu beberapa menit dalam sehari agar hormon endorfin kamu keluar dan kamu tambah fit. Foto: Unsplash.com)


Walaupun tertawa adalah kegiatan yang sering kita lakukan, banyak fakta menarik lain tentangnya. Selain bermanfaat untuk kesehatan mental, tertawa juga berpengaruh positif terhadap banyak organ tubuh.

Dilansir dari Times, berikut beberapa fakta menarik lainnya yang perlu kamu ketahui tentang tertawa:

1. Tertawa selama 10 sampai 15 menit setiap hari membakar 10 sampai 40 kalori

2. Orang dewasa tertawa sekitar 15 sampai 20 kali sehari

3. Setelah tertawa terbahak-bahak, otot Anda akan tetap rileks hingga 45 menit

4. Faktanya, seseorang 30 kali lebih mungkin untuk tertawa ketika ada orang lain daripada ketika dia sendirian

5. Menurut penelitian hanya dengan mendengarkan rekaman tawa bisa membuat kamu cekikikan.
(TIN)