FITNESS & HEALTH

Rangkaian Tips agar Tetap Tetap Sehat Meskipun Sedang Sibuk

Raka Lestari
Selasa 06 April 2021 / 16:41
Jakarta: Mungkin sulit untuk menemukan waktu untuk bernapas. Apalagi memerhatikan kesehatan tubuh ketika hari-hari sibuk melanda.

Seiring waktu, hari-hari yang sibuk tersebut dapat berdampak besar pada kesejahteraan tubuh secara keseluruhan. Itulah mengapa penting untuk melakukana rutinitas sederhana yang meningkatkan kesehatan mental dan fisik.

Kata kuncinya adalah 'sederhana'. Pelatih bersertifikat Kelvin Gary dan Maya Feller, MS, RD, CDN, memberikan tips untuk membuatmu tetap merasa baik dan sehat meskipun pada hari sibuk:
 

1. Mulailah hari dengan meditasi


Ada alasan mengapa begitu banyak ahli kesehatan merekomendasikan ini. Meditasi sangat bagus untuk manajemen stres, dan kamu dapat melakukan meditasi hanya dalam lima menit.

"Kamu sedang melatih kemampuan tubuh untuk pulih dan beradaptasi dengan stres,” kata Gary.

Meskipun sebenarnya duduk dan fokus pada meditasi adalah cara terbaik untuk melakukannya, Gary mengatakan tidak apa-apa untuk mulai melakukan beberapa latihan pernapasan dalam di kamar mandi.

“Suara air benar-benar membantu. Ini juga merupakan teknik yang bagus, bagi mereka yang membutuhkan waktu tenang untuk diri mereka sendiri yang belum tentu tertarik untuk bermeditasi," sambungnya.
 

2. Melakukan olahraga atau gerakan kecil


Bahkan meluangkan satu menit untuk melakukan push-up dan sit-up pun dapat berdampak positif. Pelepasan endorfin yang kamu dapatkan, bahkan dari gerakan kecil, itu penting.

"Lakukan tiga set dari empat latihan yang dapat kamu lakukan secara bertahap selama 30 menit selama seminggu," terang Gary.

Ini bisa berupa campuran peregangan, squat, push-up, sit-up, lunge, bird dog, dan plank, atau olahraga rutin. Kamu tidak membutuhkan peralatan apa pun.

"Kamu dapat menggunakan berat badan sendiri dan mengubah jumlah repetisi untuk membuatnya lebih mudah atau lebih sulit," ujar Gary.
 

3. Melakukan rencana makan besar dan camilan


Sementara itu Maya Feller menyarankan untuk merencanakan apa yang ingin kamu makan dan benar-benar menyiapkannya.

"Kika memungkinkan, dapat meningkatkan kemungkinan untuk makan dengan baik saat waktunya makan siang. Merencanakan apa yang ingin dijadikan sebagai camilan juga penting," terang Maya.

Simpan makanan kecil seperti kacang dan popcorn di meja atau di mobil, jika kamu cenderung mengemudi di antara waktu makan. Dengan merencanakan apa yang ingin dimakan serta menyiapkannya, maka kemungkinan makan yang tidak sehat pun akan semakin berkurang.
(FIR)