FITNESS & HEALTH

Migrain saat Kerja di Rumah, Begini Cara Simpel Mengatasinya

Kumara Anggita
Selasa 12 Januari 2021 / 15:14
Jakarta: Pandemi covid-19 yang belum usai memaksa beberapa orang masih harus bekerja dari rumah. Sayangnya, kerja dari rumah ini bisa membuat beberapa mengalami migrain.

Untuk menghindari migrain ini dan kamu tetap produktif bekerja dari rumah, ikuti langkah berikut seperti dikutip Healthline:
 

1. Ciptakan rutinitas


Sangat penting untuk menjaga rutinitas saat bekerja dari rumah, karena perubahan dalam rutinitas dapat menjadi pemicu migrain. Cobalah untuk tetap mengikuti rutinitas khas kamu termasuk kapan kamu mulai tidur, bangun, dan makan.

Meskipun kamu tergoda untuk tetap mengenakan piyama sepanjang hari, cobalah berpakaian rapi setiap hari. Sebab ini dapat membantumu mendapatkan ruang kepala yang tepat untuk bekerja.

Selain itu, berjalan-jalan di waktu biasa seperti kamu berangkat ngantor, juga bisa menjadi cara yang bagus untuk menandai awal hari dengan 'perjalanan palsu', sambil memberi kamu sedikit olahraga ekstra. Pastikan pula untuk tidak bekerja lebih lama dari jam biasanya dan cobalah untuk meninggalkan pekerjaan di penghujung hari, meskipun itu artinya kamu harus menutup laptop.

Terakhir, ingatlah untuk tetap terhidrasi dan makan dengan benar di siang hari dan hindari godaan untuk berlebihan pada kafein.
 

2. Beristirahatlah secara teratur


Penting untuk beristirahat, mungkin lebih dari yang biasanya kamu lakukan. Tinggalkan komputer atau laptopmu, bergeraklah agar darah mengalir. Bergerka untuk membuat minuman atau makanan ringan, kendurkan otot, dan rileks.

Jika kamu tidak dapat sering menjauh dari meja, mengalihkan pandangan dari layar akan membantu. Coba fokuskan pandanganmu pada sesuatu di kejauhan selama beberapa detik dan jangan lupa untuk berkedip.

Jalan-jalan adalah cara yang bagus pula untuk memompa darah kamu dan membantu membawa rasa normal.
 

3. Sesuaikan layar


Menyesuaikan kecerahan layar dapat membantu. Umumnya, layar kamu harus serupa dengan cahaya di luar layar, jadi jika ruang kerja kamu gelap, gunakan lampu meja atau lampu lantai untuk meratakannya.

Untuk mengatasi silau layar, kamu dapat mencoba penutup layar anti-silau. Jika kamu memakai kacamata, bicarakan dengan dokter mata kamu tentang perubahan pada kacamatanya, seperti lensa anti-silau atau lensa yang menyaring cahaya biru dari layar.
(FIR)