FITNESS & HEALTH

5 Barang yang Harus Dibersihkan usai Isoman

Kumara Anggita
Jumat 30 Juli 2021 / 10:10
Jakarta: Orang tanpa gejala dan dengan gejala ringan bisa melakukan Isolasi Mandiri atau isoman di rumah dengan sejumlah persyaratan. Setelah pasien sudah dinyatakan sembuh, pastikan semua barang dibersihkan dengan desinfektan agar tidak ada virus yang menempel.

Dikutip dari RSUI, ada beberapa barang yang tidak boleh lupa dibersihkan antara lain:
 

1. Permukaan barang


Kamu perlu membersihkan permukaan barang yang sering tak disadari disentuh seperti gagang pintu, meja, kursi dan masih banyak lagi.
 

2. Pakaian


Cuci pakaian kotor dengan air hangat dan detergen kemudian jemur di bawah sinar matahari hingga kering. Jika anggota keluarga ada yang sedang sakit boleh dicuci bersama dengan pakaian lain. Namun, gunakan sarung tangan saat mencucinya.
 

3. Alat makan


Pisahkan alat makan anggota keluarga di rumah yang sedang sakit dan tidak sakit kemudian gunakan spons cuci piring yang berbeda. Jika memungkinkan gunakan juga air panas untuk mencuci alat makan tersebut.
 

4. Perlengkapan tidur


Rendam sprei, sarung bantal, dan selimut dengan air panas yang sudah dicampur detergen sebelum dicuci kemudian cuci alat tidur tersebut menggunakan mesin cuci. Jika tidak menggunakan mesin cuci gunakan sarung tangan pada saat mencuci alat tidur tersebut.
 

5. Alat pembersih


Alat pembersih yang digunakan di rumah seperti sapu, kain pel, kail lap dan lain-lain perlu dibersihkan dengan air dan sabun atau cairan disinfektan kemudian keringkan dan letakkan alat-alat pembersih tersebut di tempat yang bersih dan kering.
(FIR)