FITNESS & HEALTH

Tanpa Susah Payah, Ini 5 Trik Membantu Menurunkan Berat Badanmu

Raka Lestari
Rabu 19 Januari 2022 / 07:10
Jakarta: Menurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah dilakukan. Melakukan diet ketat, berolahraga, dan memastikan kesehatan tetap terjaga seringkali menjadi hal yang terlihat sulit dilakukan.

Akan tetapi, nyatanya ada cara mudah yang bisa membantumu mendapatkan berat badan ideal. Dilansir dari Eat This, Not That berikut ini adalah kebiasaan yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan tanpa harus bersusah payah:
 

1. Minum air putih


Minum air putih baik untuk kulit dan metabolisme tubuh, merupakan dua hal yang sangat berpengaruh dalam menentukan penurunan berat badan.

“Selain itu, minum segelas air sebelum makan akan membuatmu kenyang lebih cepat, sehingga tidak makan berlebihan,” kata ahli diet terdaftar Ronald Smith, RD.
 

2. Mempraktikkan ‘hara hachi bu’


“Hara hachi bu adalah praktik di mana kamu makan hanya sampai 80 persen kenyang,” jelas Bill Bradley, RD.

Melakukan praktik ini bukanlah hal yang sulit. Kuncinya di sini bukan menghitung kalori, tapi melakukan kebiasaan untuk tidak makan berlebihan.
 

3. Sarapan 2 jam setelah bangun pagi


Sarapan merupakan hal yang sangat penting untuk memulai harimu. Dan, bagi mereka yang sering melewatkan waktu sarapan, sebaiknya memikirkan ulang kebiasaan tersebut.

“Jika kamu melewatkan waktu makan di pagi hari, tubuh akan masuk ke dalam mode kelaparan. Dan ini akan menyimpan ekstra kalori sebagai lemak bukannya membakar kalori sebagai energi,” kata Smith.
 

4. Makan lebih banyak apel


Menurut Bradley, apel merupakan salah satu senjata rahasia untuk menurunkan berat badan. Apel juga menyarankan untuk mengganti kebiasaan makan camilan manis dengan mengonsumsi apel.

“Aku lebih suka apel yang renyah dan manis. Dan ini merupakan cara yang sangat mudah untuk menurunkan berat badan," terang Bradley.
 

5. Menggunakan piring kecil saat makan dan ngemil


Menggunakan piring yang lebih kecil saat makan merupakan salah satu trik psikologi. Trik ini akan menipu otakmu dengan berpikir bahwa kamu makan lebih banyak daripada yang sebenarnya kamu makan.

"Dan ketika melakukan hal ini, sebaiknya tidak memilih piring yang berwarna putih,” kata Smith.
(FIR)