FITNESS & HEALTH

3 Minuman untuk Mengatasi Hot Flashes Selama Fase Menopause

Yuni Yuli Yanti
Senin 07 Maret 2022 / 08:00
Jakarta: Jika saat malam hari kamu merasa sangat panas hingga berkeringat padahal udara terasa sejuk, bisa jadi kamu sedang berada dalam tahap menopause. Hot flashes adalah salah satu gejala biang keringat yang dialami wanita selama menopause. Bahkan, bisa lebih parah dan intens dalam beberapa kasus, sehingga membuatmu sulit tidur. 

Perlu diketahui, hot flashes bukan disebabkan karena penyakit. Ada beberapa gejala yang dirasakan ketika mengalami hot flashes seperti perasaan hangat yang tiba-tiba di dada, leher, atau wajah. Berkeringat di seluruh wajah dan tubuh, deg-degan, wajah merah merona, kesemutan pada jari-jari, dan merasa cemas. 

Hot flash datang tiba-tiba dan bisa terasa seperti ledakan kecemasan. Sering kali terjadi pada malam hari saat tidur dan itulah sebabnya disebut keringat malam. Kondisi ini bisa membangunkanmu dan membuatnya sulit untuk kembali tidur. Namun, tak menutup kemungkinan juga dapat terjadi pada siang hari.


(Hot flashes adalah kondisi yang umum terjadi dialami wanita yang memasuki usia 45 sampai 55 tahun. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Melansir dari HealtShots, seorang ahli diet dan pemilik Fisico Diet Clinic, Vidhi Chawla, menyebutkan ada tiga minuman yang dapat dikonsumsi saat kamu mengalami hot flashes, di antaranya:

 

1. Air

Air tidak hanya membantu homeostasis tetapi juga mencegah otot kram. Juga, membantumu mengatasi kembung dan mempertahankan kadar hormon. Hot flashes sangat dipengaruhi oleh status hidrasi tubuh, terutama jika kamu adalah orang yang banyak berkeringat.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

2. Teh

Banyak orang menganggap minum teh saat mengalami gejala menopause dapat mengatasi nyeri sendi dan kram. Memang benar, namun suhu teh yang dikonsumsi sangat memengaruhi khasiatnya. Vidhi mengatakan minum teh panas tidak dapat meredakan hot flashes. Sebaliknya, es teh justru bisa menjadi penyelamat. Namun ingat, batasi asupan gula dan menggantinya dengan pemanis alami seperti madu atau jaggery.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Minuman dingin

Kecenderungan umum yang tampaknya meningkat di antara orang-orang yang memerangi menopause adalah bahwa mereka bergantung pada alkohol. Padahal, kebiasaan itu justru hanya memperburuk kondisi tubuh. Oleh karena itu, disarankan kamu untuk mengonsumsi minuman dingin yang lebih sehat seperti smoothie dari buah-buahan misalnya. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
(yyy)