FITNESS & HEALTH

4 Cara Menyegarkan Fungsi Otak Kamu

Yatin Suleha
Jumat 08 Januari 2021 / 07:00
Jakarta: Jelang weekend atau akhir pekan biasanya kamu 'gabut' (tidak melakukan banyak hal) ya selain artinya juga bisa gaji buta. 

Tapi ada baiknya juga kamu melakukan hal yang baik untuk otak kamu. Kalau menurut Psikolog anak, remaja, dan keluarga Efnie Indrianie, M.Psi dari Fakultas Psikologi, Universitas Kristen Maranatha, Bandung hal ini baik untuk fungsi otak kamu dengan menyegarkannya.

Caranya menurut Penulis buku “SURVIVE menghadapi Quarter Life Crisis” ini adalah:
 

1. Saat bangun tidur


Saat bangun tidur dan menikmati me time (entah sambil menikmati segelas teh hangat atau sambil menatap pepohonan), peluklah diri sendiri.

Tersenyumlah dari hati dan ucapkan doa terbaik. "Saat memeluk diri, tersenyum, dan mengucapkan doa maka otak akan menerjemahkan gerakan otot tubuh, wajah, dan mulut sebagai situasi yang baik sedang terjadi," tulisnya dalam laman media sosialnya @efni_qo.

Ia menambahkan hal ini mampu menstimulasi endorfin, dopamin, dan serotonin yang berperan menguatkan proses berpikir.
 

2. Tutup dan buka mata


Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah memejamkan mata lalu membuka kembali. Gerakkan mata ke kanan bawah, kiri bawah, putar mata ke satu arah, lalu putar ke arah berlawanan. 

Kemudian tarik napas yang dalam dan hembuskan kembali. Menurut Efnie ini sangat baik untuk melatih fleksibilitas otak kembali.
 

3. Olahraga


Gerakkan minimal tiga anggota tubuh kamu. Ini kata psikolog yang cantik ini sangat baik untuk menguatkan jembatan sinaps koneksi antar saraf otak.
 

4. Nikmati alam sekitar


Hal terkahir yang bisa kamu lakukan adalah menikmati alam sekitar. Hal ini ungkap Efnie akan menguatkan occipital, temporal dan frontal lobe otak kamu yang berperan dalam proses mengamati hal-hal yang baru dipelajari.
(TIN)