FITNESS & HEALTH

Olahraga Berlebihan Bikin Bams, Eks Vokalis Samsons Alami Kanker Langka

Raka Lestari
Rabu 24 Februari 2021 / 17:25
Jakarta: Bambang Reguna Bukit atau yang dikenal juga dengan Bams, mantan vokalis Band Samsons dikenal aktif berolahraga. Memang sudah bukan rahasia umum lagi, berolahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Namun, jangan sampai melakukan olahraga secara berlebihan. Baru-baru ini Bams dalam video wawancaranya bersama Daniel Mananta lewat YouTube Daniel Mananta Network bercerita bahwa dirinya sempat divonis mengidap kanker kulit dan otot pada tahun 2020 lalu.

Jenis kanker ini bisa disebut cukup langka. Ia menceritakan hal tersebut disebutkan terjadi karena dirinya berolahraga secara berlebihan.
 

Olahraga berlebihan bisa menekan sistem kekebalan tubuh


Menurut laporan dari Dr Roy Shephard dan rekannya di Universitas Toronto di Kanada, olahraga yang optimal adalah olahraga yang memiliki intensitas rendah. Temuan mereka dipublikasikan dalam Journal of Sports Medicine and Physical Fitness.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa aktivitas atletik yang berlebihan justru dapat menekan fungsi kekebalan tubuh. 

Menurut para peneliti, olahraga berlebihan (overtraining) memiliki efek depresan, membuat individu lebih rentan terhadap sistem kekebalan yang tertekan.

Tubuh manusia secara teratur menghasilkan radikal bebas, molekul tidak stabil yang bereaksi dengan molekul stabil dan menyebabkan kerusakan sel yang dapat menyebabkan penyakit jantung, kanker, penuaan dini, dan gangguan sistem kekebalan. 

Selama latihan intensif, produksi radikal bebas sangat meningkat yang dikaitkan dengan kerusakan oksidatif pada otot, hati, darah, dan jaringan lain.

Dikutip dari Body Building, olahraga berlebihan dapat menekan sistem kekebalan selama beberapa jam hingga satu minggu atau lebih.Ini menyebabkan kerentanan untuk terkena infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) dan kemungkinan kanker.

Apakah ini berarti seseorang harus berhenti berolahraga? Tentu saja tidak. Seseorang sebaiknya tidak melakukan olahraga secara berlebihan. Olahraga berlebihan melemahkan sistem kekebalan dan tidak memungkinkan tubuh pulih sepenuhnya.  

Nutrisi yang tepat sangat penting dalam menjaga kekuatan sistem kekebalan tubuh. Kekurangan nutrisi mengganggu respons imun dan meningkatkan kemungkinan seseorang menjadi sakit. 

Cobalah mengonsumsi buah dan sayur karena penelitian menunjukkan bahwa dalam populasi yang mengonsumsi banyak buah dan sayuran, tingkat kanker mereka jauh lebih rendah.

Melalui olahraga yang benar, waktu pemulihan yang cukup (tidur 8-9 jam), diet yang seimbang dan menghindari atau membatasi konsumsi alkohol, kamu dapat mencapai potensi penuh dari tubuh.
(TIN)