FITNESS & HEALTH

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan pada Wanita Hamil

Raka Lestari
Minggu 17 Januari 2021 / 18:00
Jakarta: Ketika memasuki masa kehamilan, biasanya ada beberapa jenis obat-obatan tertentu yang tidak bisa sembarangan untuk dikonsumsi. Bahkan obat untuk mengatasi sakit ringan seperti sakit tenggorokan pun, harus diperhatikan dengan baik agar tidak memiliki efek samping baik itu untuk ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan.

Center for Disease Control and Prevention (CDC) melaporkan bahwa wanita hamil lebih mungkin terkena flu dan batuk, karena sistem kekebalan yang lebih lemah selama kehamilan.

Meskipun demikian, wanita hamil tidak perlu khawatir karena menurut Dr Kecia Gaither, seorang OB-GYN, ahli kesehatan wanita, dan Direktur Layanan Perinatal di NYC Health + Hospitals / Lincoln, ada banyak pilihan pengobatan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Penting untuk terlebih dahulu menentukan apa yang menyebabkan sakit tenggorokan.

"Jika dipastikan bahwa itu hanyalah sakit tenggorokan biasa, kamu bisa mengatasinya dengan berkumur air garam hangat, teh dengan madu dan lemon, Tylenol, dan permen pelega tenggorokan yang menenangkan," saran Gaither.

Namun, seperti gejala yang tidak biasa selama kehamilan, yang terbaik adalah menghubungi penyedia layanan kesehatan terlebih dahulu.

Menurut Sarah Johnson, seorang ahli nutrisi terdaftar mengataka bahwa ada beberapa obat yang sebaiknya dihindari selama kehamilan. "Wanita hamil harus menghindari ibuprofen, dan naproxen, terutama setelah mereka mencapai trimester ketiga, untuk mengurangi risiko yang terkait dengan persalinan dini, berat badan lahir rendah, dan komplikasi lainnya," ucapnya.

"Pilih produk tanpa pengawet atau alkohol, dan selalu gunakan dosis yang paling rendah serta waktu yang sesingkat mungkin untuk menyembuhkan sakit tenggorokan," saran Dr Danielle Plummer, seorang dokter farmasi di Las Vegas.

"Asetaminofen umumnya dianggap sebagai analgesik dan antipiretik yang paling aman untuk dikonsumsi," tulis Johnson.

Menurut Healthline, jika kamu lebih suka menghindari obat-obatan yang dijual bebas sama sekali, ada alternatif alami untuk sakit tenggorokan yang mungkin membuat kamu merasa lebih nyaman. Seperti berkumur dengan campuran hangat air garam dan soda kue, dan minum teh herbal yang menenangkan seperti Chamomile atau air hangat dengan lemon dan madu.

Dan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi, praktikkan kebersihan tangan yang baik, makan banyak makanan sehat, konsumsi vitamin prenatal, minum air dan banyak tidur.
(YDH)