FITNESS & HEALTH

7 Makanan yang Ramah bagi Penderita Gerd

Kumara Anggita
Rabu 27 Januari 2021 / 15:09
Jakarta: Ketika mengalami Gerd atau penyakit gastroesophageal biasanya ada beberapa makanan yang pantang kamu makan. Sebab jika salah gerd akan kambuh dan kamu akan kembali mual-mual, muncul rasa nyeri di daerah dada sampai rasa asam yang naik ke kerongkongan.

Untuk menghindari penyakit ini, kamu perlu untuk memiliki makanan atau bahan yang baik untuk kesehatan perutmu. Dikutip dari WebMD, kamu bisa mengurangi gejalanya dengan mengonsumsi makanan tertentu seperti:
 

1. Sayuran


Sayuran secara alami rendah lemak dan gula, dan membantu mengurangi asam lambung. Pilihan yang bagus termasuk kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran hijau, kentang, dan mentimun.
 

2. Jahe


Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami dan merupakan pengobatan alami untuk mulas dan masalah pencernaan lainnya. Kamu dapat menambahkan parutan atau irisan jahe ke dalam resep atau smoothie atau minum teh jahe untuk meredakan gejala.
 

3. Oatmeal


Oatmeal adalah sumber serat yang sangat baik. Diet tinggi serat telah dikaitkan dengan risiko penurunan asam lambung yang lebih rendah.
 

4. Buah noncitrus


Buah noncitrus, termasuk melon, pisang, apel, dan pir, cenderung tidak memicu gejala refluks dibandingkan buah asam.
 

5. Daging dan seafood tanpa lemak


Daging tanpa lemak, seperti ayam, kalkun, ikan, dan makanan laut rendah lemak dapat mengurangi gejala refluks asam. Cobalah panggang atau rebus makanan-makanan ini.
 

6. Putih telur


Putih telur adalah pilihan yang bagus. Hindari kuning telur yang tinggi lemak dan dapat memicu gejala refluks.
 

7. Lemak sehat


Sumber lemak sehat antara lain alpukat, kenari, biji rami, minyak zaitun, minyak wijen, dan minyak bunga matahari. Kurangi asupan lemak jenuh dan lemak trans kamu dan gantikan dengan lemak tak jenuh.
(FIR)