FITNESS & HEALTH

5 Gerakan Yoga untuk Meredakan Nyeri Haid

Sandra Odilifia
Rabu 27 Januari 2021 / 09:57
Jakarta: Datang bulan adalah tamu bulanan yang tidak bisa kamu hindari. Bahkan beberapa wanita sering kali merasa kram, nyeri punggung, perut dan mual. Namun demikian, ternyata rasa nyeri itu bisa kamu kurangi dengan beberapa gerakan yoga lho!

Selain mendapatkan manfaat kesehatan, dengan melakukan yoga secara rutin ternyata dapat berpengaruh pada nyeri saat haid. Melansir Be Beautiful, berikut adalah daftar pose yang dapat membantu mengurangi efek nyeri haid jika dilakukan secara rutin:
 

1. Balasana - Pose Anak


Cara melakukannya, berlutut di lantai dan duduk dengan paha saat kamu merentangkan lutut, selebar pinggul. Buang napas dan tekuk badan ke depan dengan tangan telentang dan dahi bertumpu di lantai. Pertahankan postur selama dua menit.



Setelahnya kembali ke posisi semula dengan menarik napas. Gerakan ini bermanfaat untuk memijat organ perut, meredakan sakit punggung, dan menenangkan pikiran.
 

2. Supta Matsyendrasana - Twist Tulang Belakang Telentang


Cara melakukannya, berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan kaki rata di lantai. Dekatkan lutut kiri ke dada dan luruskan kaki kanan. Geser perlahan lutut kiri ke sisi kanan tubuh.



Rentangkan lengan kiri sambil meletakkan tangan kanan di lutut kiri. Putar kepala kamu ke kiri, lihat dari balik bahu kiri kamu. Pertahankan postur, untuk beberapa saat hirup dan hembuskan napas dengan lembut. Kemudian tarik lutut kiri kembali ke dada dan kembali ke postur awal dan ulangi di sisi lain.

Gerakan ini bermanfaat untuk memperkuat dan meregangkan tulang belakang, dada, dan pinggul, mengurangi kram rahim dan menenangkan pikiran.
 

3. Baddha Konasna - Pose Sudut Terikat


Cara melakukannya, duduklah dengan kaki telentang di depanmu. Saat kamu mengeluarkan napas, tekuk lutut, dan bawa tumit kaki ke arah panggul. Genggam jempol kaki-kaki di tangan kamu.




Turunkan lutut kamu ke lantai sejauh yang kamu bisa untuk membuka paha dan pinggul kamu. Pertahankan selama 30 detik hingga 1 menit saat kamu bernapas dengan lembut. Kembalilah ke posisi awal saat kamu menarik napas.

Gerakan ini bermanfaat untuk meregangkan area selangkangan dan paha serta membuat sendi lutut menjadi kenyal, membantu meredakan nyeri haid karena melemaskan area rahim dan merilekskan tubuh serta menghilangkan rasa lelah. Jika rutin dilakukan, ini juga dapat memperkuat paha belakang dan membentuk paha lho!
 

4. Setu Bandhasna - Pose Jembatan


Cara melakukannya, berbaring telentang. Tekuk perlahan lutut ke pinggul dengan telapak kaki rata di lantai. Genggam kedua pergelangan kaki dengan tangan dan tarik napas sambil mengangkat panggul dan dada ke atas hingga tubuh kamu membentuk jembatan. Pertahankan postur selama 30 detik hingga 1 menit. Buang napas saat kamu kembali ke posisi awal.



Gerakan ini bermanfaat untuk memberi energi tulang belakang dan mengurangi sakit punggung, meredakan kram menstruasi, menenangkan pikiran dan mengurangi kecemasan.
 

5. Bitilasana Yogasana


Cara melakukannya, berbaring tengkurap, angkat tubuh di atas tangan dengan lutut tepat di bawah pinggul. Tarik napas dan angkat dada ke atas sambil membiarkan perut turun ke bawah. Buang napas dan kembali ke posisi netral. Ulangi sekitar sepuluh kali.



Gerakan ini bermanfaat memijat semua organ di perut dengan meningkatkan aliran darah, mengurangi gejala nyeri saat haid, dan meregangkan tubuh serta tulang belakang.

Akhiri sesi yoga dengan Savasana atau Corpse Pose. Berbaring telentang dengan telapak tangan ke atas di samping.  Rileks, dengarkan napas kamu dan rasakan sepenuhnya. Cobalah untuk mempraktikkan postur yoga ini secara teratur dan kamu akan menyadari rasa sakit menstruasi mulai berkurang.
(FIR)