FITNESS & HEALTH

Perhatikan Ini Jika Berada di Tempat Umum

Raka Lestari
Selasa 10 November 2020 / 13:55
Jakarta: Banyak orang yang saat ini sudah kembali melakukan aktivitasnya, termasuk berada di keramaian. Dan banyak juga yang sudah melupakan protokol kesehatan yang harus dilakukan agar tidak tertular covid-19 ketika sedang berada di keramaian.

“Kita tetap harus mengikuti protokol kesehatan ketika sedang berada di tempat umum yang sudah terbukti efektif dalam mencegah covid-19,” ujar Dr Leana Wen, seorang analis medis di CNN. “Dimulai dari menggunakan masker setiap kita berada di keramaian dan orang yang tidak kita kenal.”

Menurut Dr Wen, masker dapat mengurangi penyebaran covid-19 hingga 80 persen dan menggunakan masker sangat penting untuk melindungi diri sendiri dan orang lain di sekitar kita. “Kita juga harus menghindari kerumunan dan tetap melakukan physical distancing,” tambahnya.

“Virus ini tidak akan peduli alasan mengapa kita berkumpul. Mereka akan tetap menyebarkan penyakit kecuali kalau kita melakukan tindakan-tindakan pencegahan. Usahakan untuk tidak berkumpul, dan secara khusus, jangan berkumpul dengan orang lain di dalam ruangan,” saran Dr Wen.


keramaian
(Tetap lakukan jaga jarak di mana pun kamu berada sebagai bagian dari protokol kesehatan covid-19. Foto: Pexels.com)


Jika ingin berlibur, menurut Dr Wen ada beberapa cara yang perlu dilakukan. “Jika kita harus bertemu dengan orang lain yang tidak satu rumah dengan kita dan berkumpul di dalam ruangan, bisa melakukan karantina selama 14 hari dan setelah itu mendapatkan tes. Hal ini memang menyulitkan. Atau bisa dengan berkumpul di luar ruangan dengan jarak setidaknya 1 – 2 meter,” ujarnya.

“Akan tetapi saya menyarankan orang-orang untuk mengurangi bepergian yang tidak dibutuhkan. Meskipun traveling cenderung aman, tetapi saya tetap khawatir dengan orang-orang lain karena kita tidak mengetahui bagaimana kondisi mereka,” tutup Dr Wen.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(TIN)