FITNESS & HEALTH

Manfaat Seledri bagi Kesehatan Seksual pada Pria

Raka Lestari
Jumat 20 November 2020 / 18:00
Jakarta: Mengonsumsi seledri utuh atau jus seledri menjadi sesuatu yang populer akhir-akhir ini, karena kandungan manfaatnya untuk kesehatan. Salah satu manfaat seledri yang banyak dipercayai adalah meningkatkan kesehatan seksual pada pria.  

Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah manfaat seledri untuk kesehatan seksual pada pria:
 

1. Meningkatkan gairah seksual


Seledri merupakan aphrodisiac, yang berarti makanan atau obat-obatan yang dapat menstimulasi gairah seksual. Beberapa orang mengklaim bahwa seledri dapat berfungsi sebagai aphrodisiac karena sifat feromonnya saat dimakan, meskipun penelitian mengenai hal ini masih sangat sedikit. Sehingga masih dibutuhkan data lebih banyak untuk mengonfirmasi efek potensial dari seledri.
 

2. Meningkatkan kesuburan


Seledri tinggi vitamin C dan fitonutrien, yang merupakan senyawa tanaman antioksidan yang telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi. Selain dapat membantu mengurangi risiko penyakit, antioksidan juga dapat meningkatkan kesehatan seksual pria.

Lebih khusus lagi, penelitian pada manusia tertentu menunjukkan bahwa asupan antioksidan yang tinggi dapat membantu meningkatkan jumlah dan motilitas sperma. Keduanya merupakan faktor penting dalam kesuburan pria.
 

3. Menurunkan tekanan darah


Seledri juga dapat mengontrol tekanan darah. Ini kemungkinan karena nitrat alami yang ditemukan dalam seledri, yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membantu menurunkan tekanan darah.

Terlebih lagi, tekanan darah tinggi telah berulang kali dikaitkan dengan disfungsi ereksi pada pria. Mengonsumsi berbagai macam buah dan sayuran secara teratur, termasuk seledri, dapat memperbaiki gejala disfungsi ereksi, meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut.
 

4. Kaya akan vitamin K


Seledri merupakan sayuran yang kaya akan vitamin K. Satu cangkir (124 gram) seledri dapat memenuhi sekitar 30 peresen kebutuhan vitamin K harian pada pria.

Vitamin K adalah nutrisi penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Makan seledri secara teratur adalah cara yang bagus untuk membantu menjaga kadar vitamin K, yang pada gilirannya meningkatkan kesehatan tulang dan pembekuan darah yang efisien.
(FIR)