FITNESS & HEALTH

Gejala dan Tanda Seseorang Mengalami Katarak

Kumara Anggita
Sabtu 08 Mei 2021 / 16:10
Jakarta: Katarak adalah salah satu masalah mata yang bisa terjadi pada siapa saja di segala usia. Kendati demikian, penyakit ini lebih sering terjadi pada orang yang usianya sudah tua.

Dr. Suharko Soebardi, SpPD - KEMD, Internist JEC Eye Hospitals and Clinics menjelaskan bahwa, katarak adalah lensa mata yang keruh atau berkabut. Lensa yang sehat adalah yang jernih.

“Jika lensa mata keruh, jalannya sinar akan terganggu atau terhambat dan cahaya tidak dapat difokuskan. Ini juga tidak menimbulkan nyeri atau sakit,” paparnya dalam Virtual JEC Eye Talks: Pengaruh Puasa pada Kesehatan Mata dan Pengidap Diabetes.

Gejala-gejala katarak di antaranya:

1. Pandangan mata yang kabur, suram atau seperti bayangan awan atau asap.

2. Sulit melihat pada malam hari.

3. Sensitif pada cahaya.

4. Terdapat lingkaran cahaya saat melihat sinar.

5. Membutuhkan cahaya terang untuk membaca atau ketika beraktivitas.

6. Sering mengganti kacamata atau lensa kontak karena tidak nyaman.

7. Warna memudar atau cenderung menguning.

8. Pandangan ganda jika melihat dengan satu mata.

Bila sudah terkena katarak, kamu tidak bisa mengobatinya dengan perubahan gaya hidup atau obat. Satu-satunya cara menyembuh katarak adalah hanya dengan pembedahan atau operasi.

Katarak juga tak bisa dicegah sepenuhnya, karena pada waktu tertentu kondisi ini akan muncul juga pada siapa saja.

“Katarak itu tanda-tanda penuaan, semua orang pasti terkena seperti kulit orang menjadi keriput, rambut beruban, katarak juga merupakan tanda penuaan. Jadi setiap orang di sini akan mengalami karatak, namun dengan usia yang berbeda,” terang dr. Suharko.
 

Katarak pada diabetes


Pada pasien dengan diabetes, katarak juga bisa terjadi lebih awal. Satu-satunya cara untuk memperlambat kedatangannya adalah dengan mengontrol darah.

“100 persen (terhindar dari diabetes) tidak bisa. Kalau sudah punya diabetes maka dengan cara mengontrol kadar gula darahnya,” tutup dr. Suharko.
(FIR)