FITNESS & HEALTH

4 Hal yang Harus Kamu Lakukan saat Pandemi Covid-19

Raka Lestari
Jumat 09 Oktober 2020 / 09:24
Jakarta: Sejak WHO menetapkan bahwa kasus covid-19 menjadi pandemi pada 11 Maret lalu, kegiatan yang berhubungan dengan keramaian banyak yang dibatalkan. Mulai dari acara olahraga, parade, festival, dan beberapa konser juga banyak yang dibatalkan demi pencegahan penyebaran virus ini.

Dan karena virus yang menyebabkan covid-19 ini pada umumnya ditularkan melalui droplet pernapasan dari batuk dan bersin, para ahli merekomendasikan untuk melakukan social distancing atau jarak sosial.

Catherine Troisi, PhD, seorang ahli epidemiologi penyakit menular di University of Texas Health Science Center, Houston, Amerika Serikat mengatakan bahwa hal tersebut penting dilakukan. Sebab jika semua orang sakit sekaligus dan ada lonjakan besar dalam kasus, sistem layanan kesehatan tidak akan mampu menangani masuknya pasien.

“Dengan virus ini, kami sangat yakin bahwa seseorang yang terinfeksi dan belum menimbulkan gejala dapat menularkan ke orang lain,” kata Troisi.

Dan orang-orang yang ditularkan tersebut bisa menjadi orang-orang yang paling rentan menderita komplikasi dari covid-19. Termasuk orang tua, orang-orang yang rendah sistem kekebalannya, dan mereka yang menderita penyakit kronis.

Untuk itu, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika melakukan social distancing menurut Troisi:
 

1. Membeli makanan secara delivery


Kamu bisa membeli apa pun secara online atau sistem delivery. Mulai dari membeli makanan, memesan barang, atau bahkan mengantar dokumen tanpa harus keluar rumah. Sistem ini sudah banyak disediakan oleh berbagai aplikasi yang sangat mudah digunakan.
 

2. Menghindari kerumunan


“Banyak kota yang mengeluarkan pedoman untuk membatalkan acara yang cukup besar, seperti lebih dari 50, 100, 250, atau bahkan 1000 orang,” kata Troisi.

Secara pribadi, kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk menunda pesta yang akan kamu adakan, meskipun hanya 20 orang.
 

3. Tetap bisa pergi keluar rumah


Pada situasi ini, kamu enggak harus benar-benar terus berada di dalam rumah. Karena, selain membosankan hal itu juga bisa berpengaruh pada kesehatan mentalmu.

“Saya menyarankan untuk pergi ke alam, entah itu ke halaman belakang atau taman yang tidak terlalu banyak orang. Berada di luar itu baik untuk kesehatan mental kita, dan kita tahu berolahraga, bahkan berjalan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh,” ujar Trosisi.
 

4. Hindari menggunakan tranportasi publik sebisa mungkin


Menerapkan Social distancing, berarti kamu tidak menggunakan transportasi publik. Meskipun memang tidak semua orang bisa melakukannya. Dalam hal ini, kamu bisa memberikan jarak dengan penumpang lain.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(FIR)