FITNESS & HEALTH

Tips Membuat Acar di Rumah

Raka Lestari
Jumat 09 Oktober 2020 / 14:10
Jakarta: Acar merupakan salah satu bahan pelengkap makanan yang cukup banyak disukai orang. Namun untuk membuat acar sendiri di rumah, tentu tidaklah mudah. Ada beberapa persiapan yang perlu diperhatikan agar menghasilkan acar yang pas.

Hal ini karena jika pembuatan acar tidak diperhatikan, biasanya acar yang dihasilkan agar terlalu lembek, terlalu kebanyakan cuka, atau terlalu asin dan manis. Dan tentu saja hal itu bisa dihindari.

Dilansir dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan acar yang lezat:

1. Sebaiknya tidak menggunakan garam dapur

Usahakan tidak menggunakan dapur atau garam meja yang biasa digunakan untuk memasak masakan biasa. Sebaiknya gunakan pickling salt atau garam acar yang memang khusus digunakan untuk mengasinkan atau pengawetan makanan.

Berbeda dari garam biasanya, pickling salt ini tidak mengandung  yodium atau anti-caking yang dapat menyebabkan perubahan warna dan kekeruhan.

Pickling salt juga memiliki tekstur yang lebih halus yang memungkinkannya larut dengan cepat. Jika Anda tidak memiliki pickling salt, Anda dapat menggunakan jumlah yang sama dari kosher salt atau sea salt.

2. Jangan memasukkan seluruh jenis sayuran bersamaan

Meskipun Anda menggunakan berbagai sayuran yang berbeda, jika Anda mengasinkan dalam satu wadah yang sama maka warna dan rasanya akan menjadi sama. Selain itu, jenis-jenis sayuran yang berbeda membutuhkan jumlah waktu yang berbeda untuk berfermentasi. Pisahkan mereka untuk mendapatkan hasil terbaik.

3. Jangan langsung mengonsumsi acar

Tidak semua jenis acar siap digunakan dalam beberapa hari, beberapa jenis acar perlu waktu sedikit lebih lama di lemari pendingin untuk mencapai tingkat rasa yang Anda inginkan. Hanya saja, jangan biarkan terlalu lama, yang dapat menyebabkan mereka menyerap terlalu banyak cairan dan membuat acar Anda menjadi lembek.

4. Usahakan melakukan pengukuran yang tepat

Saat membuat acar, pastikan Anda melakukan pengukuran bahan-bahan yang digunakan dengan tepat agar Anda tidak menambahkan terlalu sedikit atau terlalu banyak air dan juga agar perbandingan antara cuka dan air sudah tepat.

Dan ketika Anda menambahkan campuran rempah-rempah, Anda perlu memperhatikan secara seksama juga untuk mendapatkan keseimbangan rasa yang tepat yang Anda inginkan.

5. Ada beberapa jenis sayuran yang perlu direbus dan tidak

Ada beberapa sayuran seperti zucchini dan mentimun yang tidak perlu direbus atau dipersiapkan terlebih dahulu. Namun, beberapa sayuran seperti wortel dan okra membutuhkan sekitar 3-4 menit dalam air mendidih untuk bisa mempertahankan kerenyahan yang diinginkan.
(YDH)

RELATED ARTICLE