FITNESS & HEALTH

Mengapa Depresi Pramenstruasi Bisa Muncul?

Kumara Anggita
Kamis 18 Februari 2021 / 08:14
Jakarta: Sindrom pramenstruasi atau PMS suka membuat tubuh dan mental jadi begitu tidak nyaman. PMS bahkan bisa membuat peremuan merasa seperti depresi.

Dikutip dari Healthline, PMS membuat orang merasa tertekan pada minggu-minggu menjelang menstruasi. Hal ini membuat perempuan merasa sedih, mudah marah, gelisah, lelah, pelupa, linglung, tidak tertarik pada seks, tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit, makan terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Alasan lain perempuan mungkin merasa depresi sebelum mentruasi antara lain:
 

1. Gangguan dysphoric pramenstruasi


Ini sangat mirip dengan PMS, tetapi gejalanya lebih parah. Banyak orang dengan laporan gangguan ini merasa sangat tertekan sebelum menstruasi, beberapa sampai berpikir untuk bunuh diri.

Penelitian terbaru memperkirakan sekitar 75 persen perempuan mengalami PMS selama masa reproduksinya, namun hanya 3 hingga 8 persen yang mengalami gangguan dysphoric pramenstruasi.
 

2. Eksaserbasi pramenstruasi


Eksaserbasi pramenstruasi menunjukkan macam-macam gejala termasuk depresi yang menjadi lebih buruk dalam beberapa minggu atau hari-hari menjelang menstruasi. Depresi adalah salah satu kondisi paling umum yang muncul bersamaan dengan PMS. Sekitar setengah dari semua perempuan yang dirawat karena PMS juga mengalami depresi atau kecemasan.
 

3. Mengapa depresi bisa muncul di masa-masa sebelum menstruasi?


Para ahli tidak yakin tentang penyebab pasti dari PMS, tetapi kemungkinan ini terkait dengan fluktuasi hormonal yang terjadi selama paruh kedua siklus menstruasi. Pergeseran hormon ini dapat menyebabkan gejala fisik dan emosional.

Perubahan kadar estrogen dan progesteron juga memengaruhi kadar serotonin. Ini adalah neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati, siklus tidur, dan nafsu makanmu. Tingkat serotonin yang rendah berkaitan dengan perasaan sedih dan mudah tersinggung.

Gejala kamu akan membaik saat kadar estrogen dan progesteron meningkat lagi. Biasanya terjadi beberapa hari setelah kamu menstruasi.
(FIR)