FITNESS & HEALTH

Libur Panjang tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Raka Lestari
Kamis 29 Oktober 2020 / 06:00
Jakarta: Pada masa liburan, semua orang tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Hal ini dilakukan agar meskipun sedang berlibur, kita tidak terkena atau tertular berbagai penyakit.

Pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang, dengan mematuhi protokol kesehatan menjadi pilihan yang aman dalam mencegah terjadinya peningkatan kasus covid-19 di Indonesia.

“Kita tidak boleh lengah dan tidak boleh kehilangan kewaspadaan pada masa liburan ini. Jika kita kehilangan kewaspadaan, maka akan dengan cepat membalikkan keadaan yang semula terkendali menjadi tidak terkendali,” ujar Letjen TNI Doni Monardo, Ketua Satgas Penanganan Covid-19/Kepala BNPB.

Belajar dari cuti atau libur panjang pada Agustus lalu, di mana mengalami hal yang sangat mengkhawatirkan. BNPB mencatat angka kematian dokter pada periode akhir Juli dan Agustus, serta September itu termasuk yang tertinggi selama tujuh bulan terakhir.

“Jadi artinya apa? Ketika kasus-kasus positif meningkat, pasien di rumah sakit bertambah, maka secara parallel data yang kami terima angka kematian dokter pun bertambah. Oleh karenanya, cuti kali ini jangan sampai menimbulkan masalah baru,” saran Doni.

Menurut Doni, masyarakat dituntut untuk patuh pada protokol kesehatan selama liburan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan. Dan juga tentunya jangan lupa untuk tetap berdoa dan memohon kepada Tuhan agar kita senantiasa diberikan perlindungan.

“Termasuk senantiasa meningkatkan imunitas tubuh kita dengan tetap olahraga teratur, istirahat yang cukup, makanan yang bergizi, tidak boleh panik dan harus gembira serat juga minum vitamin,” ujar Doni.

Prof. Wiku Adisasmito, selaku Kooridnator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 juga menambahkan bahwa, melakukan 3M yaitu Menjaga jarak, Memakai masker, dan Mencuci tangan itu adalah cara yang utama. Menurutnya, melakukan 3M tersebut merupakan hal yang utama dan bisa melindungi diri.

“Jangan sampai kita lengah dan memang covid-19 ini menularnya dari manusia. Jadi, kita sendiri lah yang bisa menjaga agar keluarga terdekat bisa terlindungi. Dan yang pasti, pada masa liburan ini sebaiknya dihabiskan dengan berada di rumah saja,” tutupnya.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(FIR)