FITNESS & HEALTH

5 Manfaat Meditasi Pernapasan untuk Kesejahteraan Tubuh

Raka Lestari
Jumat 23 Juli 2021 / 11:10
Jakarta: Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa melakukan meditasi bisa bermanfaat, baik dari segi fisik maupun psikis. Namun, ada salah satu jenis meditasi yang mungkin selama ini tidak kamu sadari, yaitu meditasi pernapasan.  

Apa itu meditasi pernapasan? Prita Yulia Maharani, M.Psi., Psikolog, konselor dari aplikasi konseling Riliv, menjelaskan bahwa teknik meditasi ini mendorong kita untuk mengatur pernapasan.

“Ketika kamu menarik dan mengeluarkan napas, pada saat inilah kamu akan melepaskan semua beban yang ada di pikiran, sehingga setelah melakukan meditasi kamu bisa merasa lebih tenang. Sebenarnya, meditasi pernapasan merupakan jenis meditasi yang paling dasar dan paling umum dilakukan," ujar Prita.

Prita juga menambahkan kalau melakukan meditasi pernapasan tidaklah sulit, karena kamu hanya perlu meluangkan waktu selama 3-5 menit. Jika kamu ragu untuk melakukannya, berikut ini adalah manfaatnya:
 

1. Meningkatkan mood dan kemampuan regulasi emosi


Saat sibuk beraktivitas, seringkali membuat kita merasa lelah dan ini berdampak pada mood yang memburuk dan emosi yang tidak stabil. Padahal penting untuk bisa mengendalikan setiap emosi yang muncul, mulai dari emosi marah, senang, sedih, kecewa. Kemampuan regulasi emosi yang baik dapat dilatih dengan melakukan meditasi pernapasan.
 

2. Memperbaiki kualitas tidur


Bukan rahasia lagi kalau mendapatkan tidur yang berkualitas sangatlah sulit. Padahal setelah seharian bekerja, kamu berharap bisa tidur dengan nyenyak dan memiliki kualitas tidur yang baik.

Akan tetapi, entah kenapa saat mau tidur, rasanya otak tidak mau berhenti berpikir. Ini semua bisa diatasi jika kamu menyempatkan diri untuk melakukan meditasi pernapasan sebelum tidur.
 

3. Melancarkan pencernaan


Apakah kamu sering mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit? Ini bisa diatasi dengan melakukan meditasi.

Meditasi pernapasan terbukti membuat kondisi perut menjadi lebih tenang dan nyaman. Selain itu, saat melakukan meditasi, proses penyerapan makanan di dalam perut bekerja secara optimal.
 

4. Meningkatkan konsentrasi


Sering hilang fokus atau sulit berkonsentrasi? Jangan khawatir, ini semua juga bisa diatasi dengan melakukan meditasi. Meditasi pernapasan terbukti dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan memperkuat durasi fokus saat beraktivitas.
 

5. Meningkatkan ketenangan batin


Manfaat lain dari meditasi pernapasan adalah membuat jiwa dan pikiran  menjadi lebih fresh, tenang, dan damai. Perasaan tenang ini membuat kita menjadi lebih sabar, pemaaf, dan bijaksana dalam berperilaku karena kita bisa benar-benar menyadari konsekuensi seperti apa yang akan didapatkan dari perilaku tersebut.
(FIR)