FITNESS & HEALTH

Jika Anak Mengalami Cacingan, Segera Atasi Penyebabnya

Raka Lestari
Rabu 28 Juli 2021 / 14:49
Jakarta: Cacingan merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh anak-anak, meski pada dasarnya, semua orang bisa saja terkena cacingan. Namun memang, kasus cacingan sendiri lebih sering ditemukan pada anak-anak.

“Jadi kalau memang anaknya sudah didiagnosis dengan cacingan, idealnya akan mendapat obat anti cacing. Atau kita ikut program pemerintah setiap Februari dan Agustus kan mendapat obat cacing. Jadi kita atasi dulu karena kalau cacingan ini mengganggu absorpsi atau penyerapan,” ujar dr. Lucia Nauli Simbolon, SpA - Dokter Spesialis Anak.

Menurut dr. Lucia, cacingan itu terjadi ketika anak makan tetapi di ususnya nutrisi tidak bisa terserap, karena ada cacing. Cacing itulah yang mungkin mengganggu proses penyerapan  makanan dalam usus.

“Jadi kalau cacingan, diobati dulu cacingannya supaya penyerapan di usus ini akan baik sehingga nutrisinya bisa terserap oleh tubuh,” sarannya.

Dan yang terpenting, dalam memberikan makanan kepada anak haruslah yang berkualitas baik. Untuk kualitas makanan yang baik biasanya kita harus memastikan bahwa makanan yang kita berikan itu bukan makanan ceepat saji.

“Kemudian kita berikan macam-macam jenis makanan yang tersedia di sekitar kita saja. Misalnya anak lagi tidak mau makan nasi, kita bisa coba ganti ke ubi atau kentang, atau jagung, pasta, yang ada di sekitar kita saja untuk sebagai pengganti karbohidrat,” saran dr. Lucia.

Agar tidak lupa, dr. Lucia menyarankan kepada kita untuk memberikan asupan protein hewani pada anak. Daging sapi sangat baik terutama untuk balita.

"Kalau tidak ada, bisa ayam atau telur, tahu atau tempe, disertakan juga dalam menu makanannya. Kebiasaan makan yang rutin bersama keluarga yang makan sehat, akan menimbulkan rasa ingin makan-makanan yang bergizi juga pada anak,” tutup dr. Lucia.
(FIR)