FITNESS & HEALTH

Jarang Diketahui, Ini Loh Manfaat Olahraga saat Hujan

Muhammad Syahrul Ramadhan
Selasa 14 September 2021 / 17:25
Jakarta: Kondisi hujan bukan menjadi halangan untuk berolahraga di luar ruangan. Bahkan, olahraga saat hujan sama bermanfaatnya di saat cuaca cerah.

Dilansir dari laman Alodokter, tubuh tetap bisa mendapat manfaat ketika olahraga di tengah guyuran hujan. Berikut manfaat berolahraga saat hujan.

1. Meningkatkan intensitas

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan Journal of Sports Sciences, olahraga saat hujan mungkin dapat meningkatkan durasi dan intensitas latihan. Hal ini karena saat hujan, cuaca yang sejuk akan membuat tubuh jadi lebih dingin.

2. Membakar energi lebih banyak

Dengan meningkatnya durasi dan intensitas olahraga saat hujan, membuat latihan fisik bisa dilakukan lebih lama. Ketika latihan dilakukan waktu yang lebih panjang, kemungkinan energi yang dibakar juga menjadi lebih banyak.

3. Lebih rileks

Berolahraga saat hujan bisa menjadi aktivitas pelepas penat yang pas. Sebab, sensasi hujan dipercaya dapat menjernihkan dan menenangkan pikiran. Hal ini didukung oleh beberapa penelitian mengatakan suara rintik hujan dapat bersifat sebagai pelepas stres dan membuat tubuh lebih rileks.

4. Mengurangi risiko dehidrasi

Dikutip dari laman Alodokter, sebuah penelitian mengatakan olahraga saat hujan secara signifikan menurunkan produksi keringat. Cuaca dingin saat hujan akan menjaga tubuh dari peningkatan suhu yang terlalu panas.

Kondisi tubuh yang basah akibat hujan dapat menurunkan produksi keringat di pori-pori kulit, sehingga risiko untuk mengalami dehidrasi menjadi lebih rendah.

Sebelum memulai olahraga saat hujan ada beberapa hal yang mesti menjadi perhatian untuk menghindari bahaya yang tidak diinginkan. Berikut hal yang mesti diperhatikan.
  • Gunakan baju olahraga berbahan tipis
  • Menggunakan topi
  • Memakai tas pinggang tahan air untuk menyimpan barang penting
  • Pilih jalur atau tempat olahraga yang aman
  • Hindari olahraga jika hujan deras disertai petir
  • Menggunakan sepatu dengan sol yang masih baik
  • Hindari memakai baju berbahan katun.

 
(RUL)