FITNESS & HEALTH

5 Manfaat Minyak Zaitun, Salah Satunya Menurunkan Kolesterol

Kumara Anggita
Selasa 08 Juni 2021 / 11:00
Jakarta: Jika kamu ingin memulai hidup yang lebih sehat, kamu bisa mulai memanfaatkan minyak zaitun sebagai pengganti mentega atau minyak biasa. Pasalnya, minyak zaitun kaya akan nutrisi dan ramah untuk tubuhmu secara keseluruhan. 

“Minyak zaitun memiliki lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, vitamin K, antioksidan seperti fenol, oleocanthal dan squalene, klorofil, dan omega 3,” kata Dr. Aris Kefalogiannis, C.E.O dari Gaea.

Dikutip dari The Daily Meal, apa yang disebutkan Dr. Aris  merupakan vitamin yang meningkatkan kualitas kesehatan kehidupan kita sehari-hari.


(Kamu bisa menggunakan minyak zaitun sampai sebagai bahan masak pengganti minyak biasa. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Ada beberapa manfaat minyak zaitun yang luar biasa dan mungkin belum pernah kamu dengar, seperti:

 

1. Menurunkan kolesterol


Minyak zaitun kaya akan asam oleat yang merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang umum. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa lemak tak jenuh tunggal sama efektifnya dengan lemak tak jenuh ganda dalam menurunkan kolesterol darah total dan kolesterol LDL, bila digunakan untuk menggantikan lemak jenuh dalam makanan. Plus, lemak tak jenuh tunggal tidak menurunkan kolesterol HDL yang bermanfaat atau meningkatkan trigliserida, tidak seperti lemak tak jenuh ganda, yang pada asupan tinggi, dapat menurunkan kolesterol HDL, yaitu kolesterol baik.

 

2. Membantu kesehatan tulang


Osteoporosis menopause disebabkan oleh kombinasi ketidakseimbangan hormon dan peradangan sendi. Meskipun, minyak zaitun mungkin tidak dapat mengembalikan kadar estrogen ke masa pramenopause, namun minyak zaitun secara langsung memberi nutrisi pada sistem kerangka kamu dalam beberapa cara. 

Minyak ini memiliki beberapa manfaat, yang paling penting adalah kemampuannya untuk membantu tubuh memecah kalsium sehingga dapat disimpan di tulangmu. Lemak tak jenuh tunggal juga memastikan bahwa sumsum tulang kamu sendiri tidak mengembangkan terlalu banyak lemak. Ini adalah  suatu kondisi yang dapat mencegah timbunan kalsium ke dalam tulang. 

Dan terakhir, minyak zaitun extra virgin berkualitas tinggi, dan terutama minyak zaitun Yunani, kaya akan Oleocanthal, zat yang memiliki tindakan anti-inflamasi yang kuat sehingga memerangi peradangan sendi.


(Minyak zaitun memiliki lemak sehat yang sama dengan alpukat yang mampu melembutkan dan melembabkan kulit. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Membantu pencernaan


Ketika minyak zaitun ada di perut, itu tidak mengurangi tonus cincin otot atau sfingter di dasar kerongkongan. Karena itu, ini mengurangi risiko aliran atau refluks makanan dan asam lambung naik dari lambung ke kerongkongan. Minyak zaitun juga sebagian menghambat mobilitas lambung. Akibatnya, isi lambung dilepaskan lebih lambat dan bertahap ke duodenum, memberikan sensasi “kenyang” yang lebih besar, dan mendukung pencernaan dan penyerapan nutrisi di usus. Karena sitosterol yang dikandungnya, minyak zaitun juga mampu mencegah penyerapan kolesterol oleh usus kecil. Ini juga merangsang penyerapan berbagai nutrisi (kalsium, zat besi, magnesium, dll.).

 

4. Menurunkan tekanan darah


Minyak zaitun mengandung campuran antioksidan kuat yang dapat menurunkan kolesterol "jahat" (LDL) kamu namun juga membiarkan kolesterol "baik" (HDL) kamu tidak tersentuh. Efek penurun kolesterol minyak zaitun bahkan lebih besar jika kamu memilih minyak zaitun extra-virgin, yang berarti minyak tersebut benar-benar tidak diproses dan mengandung lebih banyak antioksidan yang menyehatkan jantung.

 

5. Memperbaiki kulit


Gunakan minyak zaitun sebagai pelembap lembut untuk kulit kering. Minyak zaitun memiliki lemak sehat yang sama dengan alpukat yang mampu melembutkan dan melembabkan kulit dengan kombinasi vitamin E dan vitamin A. Selain itu, kulit kering, gatal dan meradang biasanya merupakan tanda iritasi kulit, seperti eksim dan psoriasis. 

Selain itu, sinar matahari dan polusi dapat merusak kulit. Dalam penelitian terbaru, ditemukan bahwa vitamin E yang terkandung dalam minyak zaitun berhasil melawan radikal bebas, penuaan dini dan kerusakan untuk menjaga kulit tampak lebih muda. 
(yyy)