FITNESS & HEALTH

5 Minuman yang Baik Dikonsumsi untuk Menurunkan Berat Badan

Raka Lestari
Kamis 28 Oktober 2021 / 13:19
Jakarta: Kita mungkin sudah sering mendengar bahwa sarapan adalah waktu makan terpenting dalam sehari. Tetapi lebih khusus dari sekadar sarapan, apa yang kamu makan dan minum untuk sarapan memiliki dampak besar pada kesehatan secara keseluruhan.

Menurut Lauren Manaker, MS, RDN, penulis The First Time Mom's Pregnancy Cookbook ada banyak minuman penurun berat badan yang bisa dinikmati bersamaan dengan sarapan sehatmu, di antaranya:
 

Teh hijau

Teh hijau dianggap sebagai minuman ajaib. Tidak hanya membantu mencegah diabetes, meningkatkan kesehatan otak dan jantung, atau mengurangi risiko kanker tertentu. Tetapi, minuman ini juga dapat membantu menurunkan dan mengontrol berat badan.

"Teh hijau secara alami mengandung EGCG, senyawa yang dapat mendukung pembakaran lemak dan menghalangi pembentukan sel-sel lemak baru. Ini menjadikannya minuman sarapan penurun berat badan yang sangat baik," kata Manaker. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
 

Kopi

Kopi menjadi salah satu minuman terbaik untuk diseruput saat sarapan. Akan tetapi, jangan lupa untuk mengonsumsinya secara hati-hati dan jangan sampai berlebihan.

"Kopi mengandung kafein dan stimulan yang dapat mendukung pemecahan lemak. Sehingga selama kopi tidak mengandung krim, gula, atau bahan lain yang dapat mengandung kalori, kopi bisa menjadi minuman yang baik untuk mendukung penurunan berat badan," tutur Manaker. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Infused water

Manaker menyebutkan bahwa air adalah minuman klasik yang bebas kalori. Tetapi jika ingin menambahkan sedikit rasa, memasukkan air dengan buah-buahan dan rempah-rempah juga dapat membuat minuman yang menghidrasi ini sedikit lebih enak.

Air lemon secara khusus telah dikenal untuk membantu meningkatkan penurunan berat badan dengan membuat kenyang lebih lama, meningkatkan metabolisme, dan mendorong lebih banyak hidrasi secara umum.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Jus jeruk murni

Menurut Manaker, jus jeruk murni tanpa tambahan apa pun adalah minuman penurun berat badan yang hebat. "Karena tidak mengandung gula tambahan dan dilengkapi dengan banyak vitamin penting. Data pun menunjukkan orang dewasa yang mengonsumsi jus jeruk murni memiliki indeks massa tubuh dan lemak tubuh yang jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum jus jeruk," tuturnya. 

Tidak hanya itu, jus jeruk juga dikenal dapat membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Protein shakes

"Protein dapat menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang. Dua faktor yang dapat mendukung penurunan berat badan. "Jadi minum sesuatu dengan protein, seperti protein shake rendah gula, dapat membantu mendukung tujuan penurunan berat badan dengan menjaga rasa lapar sesaat setelah sarapan," saran Manaker. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
(yyy)