FITNESS & HEALTH

6 Cara untuk Meningkatkan Motivasi Olahraga

Patrick Pinaria
Rabu 20 Oktober 2021 / 19:01
Jakarta: Olahraga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, faktanya, masih banyak yang enggan berolahraga. Terutama bagi orang yang ingin mencoba memulai olahraga.

Ada banyak faktor yang menyebabkan orang enggan berolahraga. Ada yang malu atau ada juga yang sulit untuk melawan rasa malas. 

Namun, apapun alasannya, hal itu dinilai wajar. Menurut pelatih dan ahli Nutrisi Caleste Currie yang dikutip dari Bustle, rasa malas dan malu sebetulnya bisa hilang jika kita mencoba memulai berolahraga.

"Ditambah lagi, ketika Anda merasa nyaman, dan mengetahui apa tujuan dan manfaatnya, Anda pasti bisa melewati rasa takut tersebut," ujar Currie.

Namun, saat ingin memulai, Anda disarankan tidak melakukan olahraga berat. Ada beberapa cara menarik untuk bisa membangkitkan motivasi olahraga. Berikut beberapa sarannya: 

1. Pilih yang Membuat Nyaman

Anda akan semakin merasa malas berolahraga ketika memilih bentuk olahraga yang terlampau berat. Jadi, ketimbang memilih olahraha angkat beban, ataupun lari berkilometer, lebih baik lakukan dengan hal-hal yang membikin senang.
 
"Selalu pilih aktivitas olahraga yang bikin Anda nyaman, sebelum meningkatkan beban olahraga," ujar Currie.
 

2. Grup Olahraga

Agar menambah semangat memulai olahraga bisa dimulai dari beberapa kiat. Salah satunya dengan bergabung ke dalam grup olahraga atau mengajak teman untuk ikut berolahraga bersama.
 
"Selain menyenangkan, grup olahraga secara natural akan membuat Anda saling termotivasi untuk hidup lebih sehat," katanya.
 

3. Olahraga Pagi

Ada baiknya melakukan olahraga pada pagi hari. Sebabnya kondisi tubuh masih bugar karena belum melaksanakan kegiatan yang bikin lelah.
 
"Tubuh bugar saat pagi hari juga membuat kita termotivasi untuk memulai olahraga," imbuhnya.
 
Selain itu, Currie juga bilang olahraga pagi bikin perasaan lebih bahagia sepanjang hari. Lantaran pikiran merasa bahwa sudah melakukan hal bermanfaat saat memulai hari.
 

4. Pemanasan

Jika merasa memulai olahraga teramat menakutkan, coba lakukan latihan pemanasan saja. Kata Currie, kondisi tubuh setelah melakukan pemanasan akan membaik dan rasanya ingin melakukan lebih dari ktu.
 
"Dan Anda mungkin akan melakukan olahraga setelah selesai melakukan pemanasan," ujar Currie.
 

5. Cari Motivasi

Coba bayangkan apa tujuan Anda memulai olahraga. Apakah ingin memiliki tubuh ideal,  menghilangkan stres, atau ingin fisik jadi lebih bugar?
 
Kata Currie, mengingat-ingat motivasi olahraga bisa bikin kita beranjak dari rasa malas. Selain itu, dia juga menganjurkan agar jangan pernah merasa puas.
 

6. Dengarkan Musik

Mendengarkan musik dengan tempo cepat bisa menambah motivasi untuk berolahraga. Jadi jika Anda tak pernah mencobanya, maka cobalah dengan membuat album dari musik-musik tersebut.
 
"Kekuatan kata-kata dan ketukan musik akan menambah semangat. Ini akan membuat tubuh mudah merespons aktivitas olahraga," kata Nadia Burlock, pakar Pakar Kesehatan dan Kebugaran.
(PAT)