FITNESS & HEALTH

Ini Takaran Komposisi Gizi saat Makan yang Perlu Diterapkan

Sunnaholomi Halakrispen
Senin 02 Agustus 2021 / 12:00
Jakarta: Pola makan memengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Namun, tak hanya jenis makanan yang perlu diperhatikan, melainkan porsi setiap menu dalam satu porsi makan.

"Bahkan 3/4 dari piring itu karbohidrat. Sisanya baru lauk-lauknya, kerupuk, sambel, kelar. Akhirnya enggak seimbang. Itu yang biasa terjadi. Pokoknya asal kenyang saja tanpa memperdulikan komposisi," ujar dr. Diana Suganda, Sp.GK.

Ahli Gizi itu mengatakan ketika komposisi makanan bagus, sebaiknya menyajikan makanan yang bervariasi. Misalnya, tahu, tempe, dan sayur bayam, dalam satu harinya.

"Bayam, tempe gitu pagi, siang, sore. Jadi memang dalam satu hari kalau bisa menu tidak berulang. Sehingga ada variasi," tuturnya.


(Sayuran berwarna oranye mengandung betakarotin sebagai antikanker, zat besi, serat, hingga bisa meningkatkan daya imun. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)


Ia menyarankan, di pagi hari menyantap sajian sayuran hijau, siang hari mengonsumsi sayur berwarna oranye seperti wortel, labu, atau paprika. Kemudian, mengonsumsi sayuran berwarna ungu, seperti kol ungu, terong, atau bayam ungu.

"Nanti kandungannya beda. Jadi misalnya pagi bayam, siangnya ada tomatnya, nanti malamnya ada terong. Jadi memang paling bagus ya harus seimbang, terus dia punya menu yang bervariasi," paparnya. 

Sajian menu masakan yang bervariasi bisa mencegah kebosanan pada anak. Selain itu, memberikan kandungan yang bermacam juga untuk terserap dalam tubuh. 


(Sajian menu masakan yang bervariasi bisa mencegah kebosanan pada anak. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Sayuran berwarna hijau mengandung protein, antioksidan, mineral, serta vitamin A, B, C, E, dan K. Sayuran berwarna oranye mengandung betakarotin sebagai antikanker, zat besi, serat, hingga bisa meningkatkan daya imun. 

Sedangkan, sayuran berwarna ungu, mengandung kalium, serat, asam ellagic, serta vitamin A, B2, dan C. Juga mengandung antosianin sebagai penghindar tukak lambung dan meningkatkan daya ingat.
(yyy)