FITNESS & HEALTH

Konsumsi Nasi bagi Penderita Diabetes, Amankah?

Mia Vale
Senin 22 November 2021 / 23:18
Jakarta: Diet bergizi dan seimbang sangat penting untuk tetap sehat, terutama bagi penderita diabetes. Banyak orang bertanya-tanya apakah makanan tinggi karbohidrat, seperti nasi, adalah pilihan yang baik. 

Seseorang dengan diabetes tidak harus menghindari karbohidrat sama sekali, tetapi mereka perlu memikirkan jenis dan jumlah karbohidrat yang mereka makan. Ada berbagai jenis beras, beberapa di antaranya mungkin lebih menyehatkan daripada yang lain. 
 

Cara menghitung asupan karbohidrat? 


Jumlah asupan karbohidrat akan bervariasi berdasarkan tinggi badan, berat badan, tingkat aktivitas, dan obat-obatan. Seperti dinukil dari laman Medical News Today, untuk nasi, sepertiga cangkir nasi merah rebus biasa mengandung berkisar 15 gram karbohidrat dan sedikit lebih dari 1 gram serat.

Nasi putih mengandung jumlah karbohidrat yang sama, tetapi menyediakan lebih sedikit serat dan lebih sedikit nutrisi. 

Beras dapat menjadi bagian dari diet sehat bagi penderita diabetes selama ukuran porsinya sesuai. Label nutrisi pada kemasan makanan akan menunjukkan berapa banyak karbohidrat yang terkandung dalam makanan tertentu. 


konsumsi nasi bagi penderita diabetes
(Serat dalam beras merah sangat penting, karena serat tidak dicerna oleh tubuh, sehingga tidak memengaruhi kadar gula darah. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

Beras dan indeks glikemik 


Indeks glikemik (GI) adalah skala yang mengukur seberapa cepat tubuh mengubah karbohidrat dari makanan menjadi glukosa dan seberapa cepat hal ini memengaruhi kadar gula darah. 

- Skor dari 0-100, dengan air menjadi yang terendah dan glukosa yang tertinggi
- Makanan GI rendah memiliki skor 55 atau kurang 
?- Makanan GI sedang memiliki skor 56–69
- ?Makanan GI tinggi memiliki skor 70 atau lebih

Di bawah ini adalah beberapa contoh, termasuk beras dan beberapa produk beras. Skor mungkin sedikit berbeda sesuai dengan merek dan tingkat pemrosesan. 

- Kerupuk nasi: 87 
- Susu beras: 86 
- Serpihan jagung: 81 
- Bubur nasi: 78 
- Roti gandum putih: 75 
- Nasi putih rebus: 73 
- Nasi merah rebus: 68 
- Mi beras: 53 

Sebagian besar produk beras memiliki skor IG tinggi, tetapi bihun dan nasi merah masing-masing berada dalam kategori IG rendah dan sedang.
 

Cara memasak nasi 


Inilah cara membuat nasi tanpa pati:

- Cuci beras sampai bersih. Siapkan panci dan rebus air, yang jumlahnya tiga kali lipat jumlah nasi 
- Tambahkan beras ke air mendidih, masak dengan api sedang selama sekitar lima sampai enam menit
- Setelah nasi mulai mendidih, zat kental yang berbusa akan mulai mengapung di atasnya. Zat berbusa ini adalah pati
- Biarkan nasi matang hingga air berkurang jumlahnya dan butiran beras mulai mengapung di atasnya
- Periksa apakah nasi sudah matang, nasi harus terasa lembut dan empuk
- Angkat wajan dari kompor dan saring sisa air bertepung yang berwarna putih

Orang dengan diabetes dapat memasukkan nasi sebagai bagian dari diet sehat. Namun, nasi merah cenderung menjadi pilihan yang lebih baik daripada nasi putih. Kamu juga dapat mencoba mengganti nasi dengan alternatif yang menyehatkan seperti gandum, ubi jalar, jagung.
(TIN)