FITNESS & HEALTH

Cara Cegah Penyakit Jantung

Kumara Anggita
Minggu 13 Juni 2021 / 13:31
Jakarta: Kasus Christian Eriksen terjatuh pada laga EURO 2020 menjadi trending di jagat maya. Banyak doa yang disampaikan untuk kesehatannya kembali. 

Pemain bola asal Timnas Denmark tersebut mendadak terjatuh ketika bermain menghadapi Finlandia Minggu ini, dan kemungkinan ia mengalami serangan jantung atau henti jantung. Dokter Spesialis Penyakit Dalam Dr. dr. Sally Aman Nasution, SpPD-KKV, FINASIM, FACP menyampaikan ada beberapa cara pencegahan penyakit jantung.
 

1. Berhenti merokok


Merokok menyebabkan timbulnya plak pada pembuluh darah (penyebab jantung koroner), mengurangi HDL yang merupakan kolestrol baik, meningkatkan tekanan darah, meningkatkan gangguan irama jantung. 

Perokok yang mengalami serangan jantung kemungkinan untuk meninggal lebih tinggi dalam satu jam dibandingkan yang bukan perokok.
 

2. BMI <25


Kamu bisa mencari aplikasi untuk mengkur berat badan. Pastikan kamu berada pada berat badan ideal. Dokter Sally menegaskan agar masyarakat harus bisa bedakan berat badan dan kadar kolestrol pada tubuh.

“Menurut data BMI berlebih tidak baik. Kalau BMI rendah atau normal hati-hati karena faktor risiko jarang hanya satu. Biasanya multiple. Jadi tidak ada hubungan kurus kolestrol tinggi. Kolesteol tinggi dan overweight beda. Kolestrol yang kita lihat di darah bisa terjadi pada orang gemuk dan kurus,” ungkapnya.


jantung
(Diet sehat dilengkapi dengan olahraga secara ideal membuat tubuh sehat dan menjaga kesehatan jantung. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

3. Diet sehat


Diet yang sehat dapat menjaga berat badan dan kolestrol kamu. Hal ini juga baik untuk kesehatan jantung.
 

4. Mengobati faktor risiko, hipertensi, diabetes militus, dislipidemia


Tiga penyakit ini membuat orang beresiko terkena serangan jantung lebih besar. Karena itu, pastikan kamu terjauh dari penyakit tersebut. “Dia masih muda namun ada diabetes. Kalau sudah gula, umur berapapun risikonya sama. Perempuan, laki-laki, muda, tua, risikonya sama,” jelasnya.
 

5. Mengobati depresi


Mental dan fisik saling berhubungan. Dokter Sally menyebutkan bahwa saat kamu mengalami depresi, hormon kamu jadi terganggu. Ketidakseimbangan hormon dapat menjadi pemicu penyakit ini datang pada kamu.
 

6. Olahraga


Olahraga membantu dalam menurunkan berat badan, meningkatkan HDL yang merupakan kolestrol baik, mengurangi tekanan darah. Hal tersebut tentunya sehat mampu menyehatkan jantung. Melakukan olahraga hendaknya secara ideal dan tidak terlalu berlebihan.

(TIN)