FITNESS & HEALTH

5 Makanan yang Tinggi Zat Besi

Kumara Anggita
Jumat 11 Juni 2021 / 12:05
Jakarta: Kekurangan zat besi bisa buatmu pucat, pusing, merasa tidak seimbang, lelah dan masih banyak lagi. Tentunya, saat mengalami kondisi tersebut kamu ingin segera memperbaiki.

Salah satu cara untuk menghilangkan gejala tersebut adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Dikutip dari Healthline, ini rekomendasi makanan yang perlu kamu coba lebih banyak konsumsi:
 

1. Cokelat hitam


Tiga ons cokelat hitam, kira-kira satu batang kecil dapat menyediakan mulai dari 5,38 hingga 10,12 mg zat besi. Pastikan kamu memilih cokelat hitam asli, yang harus mengandung setidaknya 45 persen padatan kakao.
 

2. Kacang navy


Kacang navy paling banyak mengandung zat besi dibandingkan kacang lain. Faktanya, satu porsi cangkir kacang navy mengandung 7,83 mg zat besi. Jika kamu tidak punya waktu untuk menyortir dan merendam kacang kering, cobalah versi kalengan.
 

3. Daging organ


Organ adalah sumber nutrisi penting, termasuk zat besi. Jumlah pastinya tergantung pada jenis organ, serta sumbernya. Hati sapi, misalnya, memiliki 5,56 mg zat besi setiap 3 ons.
 

4. Kedelai


Setengah cangkir kedelai mengandung 4,42 mg zat besi. Kamu bisa mendapatkannya dari tempe atau makanan lainnya.
 

5. Bayam


Bayam terkenal dengan kandungan vitamin A-nya, tetapi juga merupakan sumber zat besi yang berharga. Setengah cangkirnya mengandung 3,21 mg. Ini bisa diolah menjadi sop yang enak untuk makan siang.
(FIR)