FITNESS & HEALTH

Manfaat Vitamin D yang Perlu Kamu Ketahui

Kumara Anggita
Kamis 17 Juni 2021 / 19:32
Jakarta: Vitamin D adalah salah satu vitamin yang sering dilupakan. Orang Indonesia pada kenyataannya mempunyai tingkat prevalensi defisiensi vitamin D yang cukup tinggi. 

Sebuah data dari SEANUTS 2011-2012 mengatakan jika terjadi defisiensi vitamin D yang cukup tinggi, dimana 38,76 persen terjadi pada anak Indonesia yang berusia 2-12 tahun, sekitar 61,25 persen terjadi pada ibu hamil, 63 persen terjadi pada perempuan dewasa yang berusia 18-40 tahun, dan 78,2 persen pada usia lanjut.
 

Vitamin D, vitamin sinar matahari


Dikutip dari Healthline, vitamin D ini sering disebut dengan vitamin sinar matahari karena diproduksi di kulit kamu sebagai respons terhadap sinar matahari. Ini adalah vitamin yang larut dalam lemak dalam kelompok senyawa yang mencakup vitamin D-1, D-2, dan D-3.

Jika tubuh kamu tidak mendapatkan cukup vitamin D, kamu berisiko mengalami kelainan tulang seperti tulang lunak (osteomalacia) atau tulang rapuh (osteoporosis).
 

Manfaat vitamin D


Vitamin D tentunya memberikan berbagai manfaat yang penting untuk kesehatan fisik maupun mentalmu. Beberapa manfaat utama dari vitamin D antara lain:


vitamin d
(Vitamin D terdapat juga di telur dan salmon. Peran vitam D juga bisa membantu kesehatan kamu melawan penyakit dan mengurangi depresi. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

1. Melawan penyakit


Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D berperan dalam melawan berbagai penyakit. Menurut sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association vitamin ini mampu mengurangi risiko multiple sclerosis.

Tak hanya itu menurut temuan tahun 2008, vitamin ini juga mampu mengurangi kemungkinan kamu terkena penyakit jantung. 

Ini juga baik untuk penyakit pernapasan. Menurut penelitian 2010 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical, vitamin D membantu mengurangi kemungkinan kamu terkena flu.
 

2. Mengurangi depresi


Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin D mungkin memainkan peran penting dalam mengatur suasana hati dan menangkal depresi. Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa orang dengan depresi yang menerima suplemen vitamin D memerhatikan perbaikan gejala.

Dalam studi lain terhadap orang-orang dengan fibromyalgia, peneliti menemukan kekurangan vitamin D lebih sering terjadi pada mereka yang juga mengalami kecemasan dan depresi.
 

3. Meningkatkan penurunan berat badan


Pertimbangkan untuk menambahkan suplemen vitamin D ke dalam makanan kamu jika kamu mencoba menurunkan berat badan.

Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D setiap hari mampu menurunkan berat badan lebih banyak daripada subjek yang mengonsumsi suplemen plasebo. Para ilmuwan mengatakan tambahan kalsium dan vitamin D memiliki efek penekan nafsu makan.
 

Sumber makanan vitamin D


Beberapa makanan mengandung vitamin D secara alami. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan salmon sarden, kuning telur, udang.

Sulit untuk mendapatkan cukup vitamin D setiap hari melalui paparan sinar matahari dan makanan saja, jadi mengonsumsi suplemen vitamin D juga dapat membantu kesehatanmu.

(TIN)