FITNESS & HEALTH

Hal yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kamu Melakukan Diet Vegan

Raka Lestari
Rabu 31 Maret 2021 / 15:18
Jakarta: Mengubah pola makan menjadi pola makan vegan atau vegetarian bisa memilik dampak positif pada tubuh. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk melakukan diet vegan atau vegetarian ada beberapa pertimbangan yang diperlukan. Ini karena tidak semua orang bisa cocok melakukan diet ini.

Dilansir dari Insider, berikut ini adalah beberapa hal yang terjadi pada tubuh jika kamu melakukan diet vegan:
 

Kulit akan lebih bercahaya


“Makan lebih banyak buah dan sayuran berarti kamu akan mengonsumsi lebih banyak vitamin C dan air, yang dibutuhkan kolagen untuk meningkatkan elastisitas kulit,” kata Monica Auslander, MS, RD, LD/N. 

Dan meskipun belum ada penelitian langsung tentang efek protein hewani, menghentikan daging olahan yang telah dikaitkan dengan peradangan akan menghasilkan kulit yang tidak terlalu bengkak dan lebih cantik.
 

Rambut lebih berkilau


"Pola makan yang berkisar pada buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat meningkatkan kilau rambut dan kuku," kata Auslander. 

"Tapi tidak selalu seperti itu." Meskipun demikian, kekuatan rambut dan kuku juga sebagian besar bersifat turun-temurun sehingga efek dari diet vegan ini tidak terlalu berpengaruh.
 

Tingkat eneregi akan meningkat


Ketika kamu meningkatkan jumlah buah dan sayuran yang dikonsumsi, kamu menjadi lebih terhidrasi dalam prosesnya. 

“Ini secara instan meningkatkan tingkat energi,” kata Auslander. Namun, ini juga tergantung pada apakah kamu mengonsumsi protein lengkap. Itu berarti kamu harus memasangkan makanan seperti nasi merah dan kacang-kacangan agar kandungan nutrisinya lebih lengkap.
 

Belum tentu menurunkan berat badan


Makan karbohidrat olahan seperti nasi putih dan roti tawar akan meningkatkan gula darah pada tubuh dan kemudian akan turun. 

Seperti yang ditekankan oleh Auslander, kamu masih bisa kelebihan berat badan atau bahkan obesitas saat menjalani diet vegetarian. 

"Kadang-kadang saya berharap bisa memberi tahu klien saya bahwa mereka akan mendapatkan lebih banyak manfaat dari makan sepotong ikan daripada granola bar bebas gluten," katanya.

(TIN)