FITNESS & HEALTH

Lestari Moerdijat: Komunikasi Menjadi Kunci Sukses Vaksinasi Covid-19 di Indonesia

Raka Lestari
Rabu 27 Januari 2021 / 17:35
Jakarta: Saat ini Indonesia sudah mulai menjalankan program vaksinasi dalam upaya mencegah penularan covid-19. Namun sayangnya, berdasarkan riset yang dilakukan oleh tim riset Media Group menyebutkan bahwa dari 500 responden ada 46,6 persen responden yang tidak yakin bahwa vaksin mampu mengatasi pandemi covid-19

“Semestinya kita melihat ini sebagi bagian dari kewajiban mempertahankan kemerdekaan bangsa. Kalau dulu kita memperjuangkan kemerdekaan dengan melawan penjajah, sekarang melawan penyakit,” ujar Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam acara Media Group News Summit, dengan tema "Public Health: Vaccine What to Expect?" secara daring, Rabu, 27 Januari 2021. 

Ia mengatakan bahwa program vaksinasi ini merupakan bagian dari tugas kita sebagai warga negara untuk membela bangsa.

”Tugas kita untuk mempertahankan kedaulatan bangsa dan bagian dari tugas kita menjalankan misi kebangsaan,” ujar wanita yang akrab dipanggil Rerie ini.

“Kita kembali pada pertengahan tahun 2020, tim wakil ketua MPR membuat survei secara acak yang dilakukan pada Juni. Hasil survei menunjukkan kalau masyarakat tahu pandemi ini bukan hanya masalah kesehatan saja tetapi ada masalah-maslaah lain yang bisa lebih besar,” ujar Rerie. 

Untuk itulah, menurut Rerie perlus adanya sosialisasi. “Sosialisasi menjadi tanggung jawab kita semua. Lalu apakah sosialisasi ini kurang? Relatif. Beberapa kelompok tertentu bisa efektif, tetapi pada kelompok-kelompok lain yang dari awalnya sudah punya pola pikir sendiri tentu ini susah,” tambah Rerie. 

“Komunikasi menjadi kunci sukses dalam hal ini dan kecepatan informasi itu sendiri. Sehingga nanti bisa tumbuh empati dan kepercayaan. Kalau ini bisa dilakukan dengan baik, saya yakin bahwa program vaksin bisa berjalan dengan baik,” tutup Rerie.  
(TIN)