FITNESS & HEALTH

Bye-bye Asam Urat dengan Lakukan 5 Langkah Ini

Raka Lestari
Senin 16 November 2020 / 08:00
Jakarta: Asam urat bentuk arthritis umum dan kompleks yang dapat menyerang siapa saja. Asam urat (gout) adalah suatu kondisi medis dimana terjadi gangguan metabolisme asam urat di dalam tubuh.

Tanda asam urat adalah serangan nyeri yang tiba-tiba dan parah, bengkak, kemerahan dan nyeri pada persendian, sering kali persendian di pangkal jempol kaki.

Serangan asam urat dapat terjadi secara tiba-tiba, sering kali dapat membuat seseorang terbangun di tengah malam dengan sensasi jempol kaki terbakar. 

Sendi yang mengalami asam urat biasanya akan terasa panas, bengkak, dan sangat rentan bahkan benda yang sangat ringan pun tidak dapat tertahankan sakitnya. Dan dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah cara untuk menjaga agar asam urat tidak kambuh lagi:
 

1. Minum air putih yang banyak 


Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, salah satunya adalah dengan minum air putih dalam jumlah banyak. Batasi juga asupan minuman dengan pemanis buatan, terutama minuman-minuman dengan sirup jagung yang tinggi fruktosa.
 

2. Batasi atau hindari alkohol 


Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui berapa jumlah atau jenis alkohol apa saja yang aman untuk kamu konsumsi. Beberapa bukti terbaru menemukan bahwa bir kemungkinan dapat berperan khusus untuk meningkatkan risiko gejala asam urat terutama pada pria.


asam urat
(Konsumsi buah-buahan sebagai produk rendah lemak. Foto: Pexels.com)
 

3. Konsumsi protein dapat produk rendah lemak 


Produk rendah lemak kemungkinan bisa menjadi cara yang efektif dalam menjaga tubuh kita agar tidak terkena asam urat. Selain itu, produk rendah lemak juga merupakan sumber protein yang paling bagus untuk dikonsumsi oleh tubuh kita. Contohnya buah, sayur, dan biji-bijian.
 

4. Batasi asupan daging, ikan, dan unggas


Jumlah asupan daging, ikan, dan unggas dalam jumlah yang kecil mungkin masih bisa ditoleransi oleh tubuh kita. Akan tetapi, kamu harus memberikan perhatian lebih terhadap jenis dan seberapa banyak asupan daging, ikan, dan unggas yang mungkin bisa menyebabkan masalah bagi tubuh.
 

5. Menjaga berat badan ideal


Pilih makanan dengan porsi yang membuat kamu bisa tetap menjaga berat badan tubuh yang ideal. Menurunkan berat badan kemungkinan dapat menurunkan tingkat asam urat pada tubuh kamu.

Akan tetapi, hindari penurunan berat badan secara cepat dan tidak alami karena dengan melakukan itu dapat meningkatkan level asam urat.
(TIN)