FITNESS & HEALTH

5 Manfaat Kesehatan Melakukan Push Up Setiap Hari

Sandra Odilifia
Minggu 15 November 2020 / 09:00
Jakarta: Ketika memikirkan push up, apa yang mucul di benak kamu? Mungkin ini latihan menantang yang sulit untuk dijalani. Akan tetapi, Push up memiliki banyak manfaat bagi kesehatan lho!

Melansir Mindbodygreen, berikut lima manfaat kesehatan push up jika dilakukan dengan benar secara rutin.
 

1. Meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas


"Push up adalah penguat tubuh bagian atas yang hebat," kata Stephanie Mansour, pelatih pribadi bersertifikat yang berbasis di Chicago.

Stephanie menambahkan, itu karena push-up bekerja di seluruh bagian atas seseorang, termasuk bagian depan dada, baik bagian depan dan belakang lengan alias bisep atau trisep, bahu, dan punggung atas.
 

2. Meningkatkan kekuatan dan stabilitas inti


"Push-up bisa menjadi latihan seluruh tubuh jika dilakukan dengan benar," kata Shaun Zetlin, penulis seri "Pushup Progression".

Ketika dilakukan dengan benar, push-up adalah cara yang bagus untuk menstabilkan dan memperkuat inti tubuh. Inti didefinisikan sebagai semua bagian tubuh kamu yang bukan kepala, lengan, atau kaki.
 

3. Push-up bisa berfungsi ganda sebagai cardio


Dalam skenario tertentu, push-up juga bisa berfungsi ganda sebagai cardio. Dengan begitu, push-up membuat jantung kamu bekerja lebih keras untuk memompa darah ke jaringan otot.

Sebuah studi tahun 2019 mengungkapkan, pria yang mampu melakukan setidaknya 40 push-up selama 30 detik memiliki risiko yang jauh lebih rendah untuk mengalami masalah kardiovaskular (seperti serangan jantung dan gagal jantung) selama dekade berikutnya dibandingkan dengan pria yang dapat melakukan kurang dari 10 push-up.
 

4. Mendukung tulang yang kuat


Push-up melakukan lebih dari sekadar membangun otot dan menantang jantung. Menurut National Institutes Of Health, latihan menahan beban seperti push-up dapat membantu membangun tulang yang kuat dan memperlambat pengeroposan tulang.
 

5. Memperbaiki postur tubuh


Zetlin mengatakan banyak orang yang mengalami bahu bungkuk dan tulang belakang yang bulat. Maka jika dilakukan dengan benar, push-up dapat membantu mengatasinya dengan mengajarkan posisi tubuh yang baik.

"Push-up yang tepat melibatkan melibatkan skapula dan rhomboids (dua otot punggung tengah yang biasanya kurang bekerja) tanpa terlalu bergantung pada otot-otot di atas bahu dan leher (yang kebanyakan dari kita biasanya digunakan secara berlebihan di kehidupan sehari-hari, terutama saat kita stres)," ujar Zetlin.

Postur yang baik juga berasal dari kekuatan dan stabilitas inti yang berkualitas, dan seperti yang disebutkan, push-up dapat membantu hal ini.
(TIN)